Pembobol Rumah di Jalan Tinumbu Makassar, Pelaku Ternyata Tetangganya Sendiri

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Polsek Bontoala meringkus seorang remaja berinisial AT (18) warga Jalan Tinumbu Makassar terkait kasus pencurian disalah satu rumah di Jalan Tinumbu, Sabtu (6/1/18).

Penangkapan pelaku berdasarkan laporan tertulis korban Lutfhy pada hari Kamis (4/1/18). Operasi penangkapan ini dipimpin oleh Iptu H. Rahman Ronrong.

Selain menangkap pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti berupa sebuah TV led 32 inci, gitar listrik dan amplifier yang disembunyikan dirumah teman pelaku.

Setelah dilakukan pemeriksaan remaja ini mengakui bahwa ia melakukan pencurian tersebut dengan cara masuk merusak jendela belakang rumah korban dan mengambil barang-barang milik korban.

Kapolsek Bontoala Kompol Rafiuddin mengatakan pelaku ditangkap setelah dilakukan penyelidikan kasus pencurian dirumah korban yang ditinggal beberapa hari karena berlibur bersama keluarganya.

“Pelaku dan barang bukti sudah kami amankan, kami juga masih mendalami apakah pelaku pernah melakukan hal yang sama (pencurian rumah kosong) ditempat lain,” kata Rafiuddin.

Pelaku AT diancam pasal 363 ayat (1) huruf 3e,5e KUHPidana dengan ancaman kurungan 9 tahun penjara.

Maraknya aksi para maling membobol rumah yang ditinggal penghuninya tersebut membuat kita mesti waspada dan lebih hati-hati dalam menjaga keamanan rumah. Berikut tips terhindar dari kejahatan para maling rumah :

  1. Selalu cek pintu dan jendela saat keluar

Pintu dan jendela merupakan celah utama bagi para maling untuk menerobos masuk ke rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mengunci pintu dan jendela saat keluar rumah atau saat hendak tidur. Jika perlu tambahkan teralis pada jendela Anda.

  1. Gunakan kunci ganda

Demi keamanan rumah Anda, pastikan membuat gembok ganda untuk rumah Anda. Jadi, tidak hanya satu kunci, tapi masih ada gembok atau kunci tambahan (missal, selot/grendel atas dan bawah) yang membuat rumah Anda semakin aman.

  1. Pastikan lampu depan menyala

Apabila rumah Anda sering kosong karena pulang larut malam, pastikan gunakan lampu depan otomatis. Posisi lampu yang menyala dapat membantu mengecoh maling, karena mereka pikir rumah tersebut berpenghuni. Rumah yang gelap menjadi celah yang memudahkan maling masuk.

  1. Pasang CCTV atau kamera

Jika ingin lebih mudah memantau kondisi keamanan rumah, Anda bisa memasang CCTV atau kamera pengintai diarea tertentu yang memudahkan Anda untuk memonitor rumah.

  1. Selalu waspada dengan tamu tak dikenal

Ada sebagian maling yang menyamar sebagai tamu untuk menggambar kondisi rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu waspada terhadap tamu atau orang tak dikenal yang datang ke rumah Anda.

  1. Simpan barang berharga di tempat yang aman

Jika memiliki barang berharga, pastikan menyimpannya di tempat yang aman dan tersembunyi. Jika diperlukan, And abisa menggunakan jasa bank untuk menyimpan barang-barang berharga Anda.

  1. Catat nomor-nomor penting

Sebagai langkah antisipasi, pastikan Anda mencatat nomor-nomor telepon petugas keamanan terdekat, kantor polisi, tetangga terdekat, pak RT, dan lainnya. Jadi, ketika ada sesuatu yang mencurigakan, Anda bisa langsung menghubungi nomor tersebut.

Penulis : Sumarwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password