Hilangkan Perilaku Koruptif, Tim SPAK Polres Bone Gencar Lakukan Sosialisasi

Tribratanews.polri.go.id, Bone Sulsel – Gerakan Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) yang digagas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terus disosialisasikan oleh Polwan-polwan cantik Polres Bone tentang nilai-nilai antikorupsi. pada Rabu (18/01/2017) di berbagai tempat, dengan sasaran pelajar ditingkat SMA dan SMP (sederajat) hingga ke tingkat Sekolah Dasar (SD) serta pusat-pusat kantor pelayanan masyarakat.
Kapolsek Patimpeng Akp Zulaeni R. Tampilang mengatakan Relawan rencanya akan dibentuk empat Tim diantaranya Bone Utara, Selatan, Barat dan Kota agar sosialisasi program SPAK dapat cepat dijangkau di seluruh wilayah Kabupaten Bone untuk menyebarkan pesan antikorupsi kepada seluruh lapisan masyarakat.
“Pencegahan memang sulit, namun kami dari Tim SPAK Polwan Polres Bone akan selalu berusaha dan berusaha menyampaikan kepada masyarakat agar lambat laun perilaku koruptif atau bibit-bibit korupsi bisa hilang dan mudah-mudahan Kabupaten Bone ini bisa bebas dari Korupsi. Terutama kepada kaum perempuan yang menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan korupsi”, kata Eni.
Orang tua yang mengajarkan kejujuran pada anak-anaknya dinilai masih kurang. Kejujuran yang dimaksud di sini bukan kejujuran dalam arti definisi kejujuran, tetapi lebih kepada bagaimana kejujuran itu dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Orang tua tidak bisa mengaitkan bahwa menyontek atau menyerobot antrian adalah bentuk-bentuk perilaku koruptif.
Hal ini memberi pemahaman bahwa korupsi adalah mengambil hak orang lain untuk kepentingan diri sendiri. Definisi ini bukan hanya memberikan gambaran pada apa yang sering diliput media sebagai tindak pidana korupsi, tetapi juga menyoroti masalah-masalah perilaku-perilaku koruptif. Dan bila kita percaya bahwa tindakan koruptif itu adalah bentukan atau evolusi dari perilaku-perilaku koruptif sejak kecil, maka fakta ini sungguh menakutkan.
Games dalam Semai ini didesain dengan soal-soal dan contoh-contoh yang dialami sehari-hari oleh mereka. Dalam permainan tersebut terdapat penanaman nilai-nilai antikorupsi, karakter, dan perilaku Semai.
Wajah-wajah gembira dari anak-anak, guru dan warga masyarakat, terlihat antusias saat bermain SPAK yang meliputi Sembilan Nilai Antikorupsi (Semai), Putar-Putar Lawan Korupsi (Put-Put LK), Arisan Antikorupsi, dan Main Jodoh (Majo).
Waka Polres Bone Kompol Wahyudi Rahman,S.H,S.Ik,M.H salut atas kegigihan dan semangat yang dilakukan para srikandi Polres Bone dalam mensosialisasikan gerakan SPAK melalui games, hingga mendapat apresiasi dari Dubes Australia.
“Kegigihan dan semangat para polwan ini dalam mensosialisasikan nilai-nilai anti korupsi melalui game SPAK mendapat apresiasi dari Dubes Australia”, ucapnya.
Dalam permainan tersebut terdapat penanaman nilai-nilai antikorupsi, karakter, dan perilaku semai yang mengandung 9 nilai antikorupsi, antara lain kesederhanaan, kegigihan, keberanian, kerja sama, kedisiplinan, keadilan, kejujuran, bertanggung jawab, dan kepedulian.

Admin Polri54021 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password