Aparat Polsek Bontomarannu Amankan 9 Pemuda saat Patroli di Desa Pakatto

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Personil Polsek Bontomarannu Polres gowa melaksanakan Operasi Cipta Kondisi yang dipimpin langsung oleh Kapolsek bontomarannu AKP Robert Naro, Minggu (07/01/18) sekira pukul 00.15 wita.

Melaksanakan Cipkon dengan cara patroli di Desa Pakkatto Kec. Bontomarannu Kab. Gowa. Dalam giat tersebut Personil Polsek Bontomarannu mengamankan 9 orang remaja di Dusun Pakatto Caddi, Desa Pakatto, Kec. Bontomarannu.

Disana tim patroli menemukan remaja yang sedang ngumpul dan mengisap lem serta meminum minuman keras.

Kesembilan remaja tersebut masing-masing berinisial SK (17), BS (19), Wa (17), Ra (29), He (17), SG (17), MN (18), Ar (19) dan seorang remaja putri Ra (17).

Dari lokasi petugas menyita beberapa barang bukti diantaranya 4 unit motor, lem fox 3 kaleng, botol minuman topi Roja 29 botol, bir putih 5 botol, anggur merah 5 botol, obat Proxy fm 14 biji dan obat Lactafar 14 biji.

Selanjutnya remaja dan barang bukti tersebut diamankan di Polsek Bontomarannu.

Didalam Islam minuman keras (miras) adalah minuman yang haram, selain haram minuman ini juga berbahaya bagi individu dan bagi masyarakat. Bahkan dapat dikata, khamar adalah biangnya kerusakan lainnya. AllahTa’alaberfirman,

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah rijsun termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya setan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).” (QS. Al Ma-idah: 90-91)

Dalam ayat ini dari beberapa sisi kita dapat melihat keharaman khamar:

  1. Khamar dalam ayat tersebut dikaitkan dengan penyembahan pada berhala.
  2. Allah menyebut rijsun (kotor).
  3. Khamar termasuk perbuatan setan. Setan pastilah datang dengan membawa kejelekan dan hal yang kotor.
  4. Kita diperintahkan untuk menjauhi khamar.
  5. Seseorang yang menjauhinya akan mendapatkan keberuntungan. Jika seseorang malah mendekati khamar, malah termasuk orang yang merugi.
  6. Khamar dapat menimbulkan permusuhan dan kebencian.
  7. Allah menutup dengan mengatakan, berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Allah melaknat khamar, orang yang meminumnya, orang yang menuangkannya,penjualnya, pembelinya, orang yang memerasnya, orang yang mengambil hasil perasannya, orang yang mengantarnya dan orang yang meminta diantarkan.” (HR. Abu Daud, no. 3674; Ibnu Majah no. 3380. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits tersebut shahih. Lihat Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 2356)

Penulis : Rosdiana

Editor : Alfian

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password