Arahan Kakorbinmas Baharkam Polri tentang Pemolisian Masyarakat dan Peran Bhabinkamtibmas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi – Kakorbinmas Baharkam Polri Irjenpol H. Arkian Lubis., S.H., M.Si bersama Tim Korbinmas Baharkam Mabes Polri menyampaikan arahan kepada personil jajaran fungsi Binmas Polres Banyuwangi, acara tersebut mengambil tempat di Rupatama Polres Banyuwangi, hari Sabtu (6/1).

Hadir dalam kegiatan ini, Dirbinmas Polda Jatim Kombes Pol. Drs. Gamar Basri, Kapolres Banyuwangi, Wakapolres Banyuwangi, para Pejabat Utama, Kasatbinmas dan para Kanit Binmas Polsek serta Bhabinkamtibmas jajaran Polres Banyuwangi.

Mengawali kegiatan, Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman., S.I.K., M.Si memberikan sambutan dan ucapkan selamat datang kepada Kakorbinmas Baharkam Polri bersama Tim di Polres Banyuwangi.

Dalam arahannya, Kakorbinmas Polri mengatakan, Korbinmas merupakan pembesaran dari Dirbinmas dan Irjen Pol. Drs. H. Arkian Lubis, S.H., M.Si. adalah pejabat Kakorbinmas pertama, setelah pemekaran Binmas tersebut.

“Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak kepolisian di kewilayahan untuk menaikan citra kepolisian dan saya akan melihat perkembangan Bhabinkamtibmas di Polres Banyuwangi dengan sarana dan prasarana yang sudah diterima oleh Bhabinkamtibmas dikewilayahan,” ujar Kakorbinmas dalam arahannya.

Irjenpol Drs. H. Arkian Lubis memberikan penekanan bahwa dalam pemolisian masyarakat sangat dikedepankan dalam strategi mengajak masyarakat menjaga situasi Kamtibmas di wilayah masing-masing, untuk itu yang dikedepankan adalah Bhabinkamtibmas.

Dengan berkembangnya teknologi internet saat ini dapat dengan mudah digunakan sebagai media perkembangan teroris di Indonesia dengan faham-faham radikal, maka dengan adanya hal tersebut diharapkan para Bhabinkamtibmas harus lebih jeli melihat perubahan-perubahan sosial yang ada di lingkungan sekitarnya.

78f68b4c-f715-4f1b-adde-f8494ebd19b6

Tantangan terhadap keberagaman di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan, contoh sikap intoleransi antar umat beragama hal ini merupakan tugas Polri dan Bhabinkamtibmas untuk lebih peka dengan permasalahan tersebut.

“Kedepan saya berharap Binmas semakin maju dan peka terhadap perkembangan masyarakat, diantaranya dari Medsos dan konvensional. Untuk itu, anggota Binmas harus bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat dipedesaan. Tujuannya agar masyarakat lebih paham dan bisa membedakan tentang berita bohong (hoax)  dan berita yang benar agar tidak mudah terhasut dan terpengaruh,” tutur Kakorbinmas.

Lebih lanjut Irjenol Drs. H. Arkian Lubis menyampaikan bahwa kepolisian kiranya lebih mengedepankan pencegahan dari pada penindakan. Bahwa kepolisian telah melakukan MoU dengan KPK, Kementrian Desa, Kemendagri dan pemangku kepentingan lainya dalam pengawasan program dana desa dan diharapkan kepada para Bhabinkamtibmas untuk dapat melakukan pengawalan dan pengawasan terhadap dana desa di wilayahnya masing-masing, sehingga program pembangunan yang dilaukan oleh pemerintah dapat terlaksana dengan baik dan meminimalisir penyimpangan dalam pengelolaan dana desa.

“Selanjutnya saya harapakan Bhabinkamtibmas mampu memberikan inovasi sehingga dapat menaikkan citra kepolisian dan menurunkan angka kriminalitas. Bhabinkamtibmas Polres Banyuwangi yang berprestasi akan kita berikan reward yakni pelaksanaan SIP (Sekolah Inspektur Polisi) khusus Bhabinkamtibmas dan prioritas SAG (Sekolah Alih Golongan) dan piagam dari pimpinan,” Kakorbinmas memberikan semangat dan motivasi.

Diakhir pengarahanya Irjenpol Drs. H. Arkian Lubis menyampaikan apabila terjadi konflik sosial di wilayahnya, maka Bhabinkamtibmas harus  melakukan evaluasi apakah sudah melakukan tugas sesuai SOP dan telah melakukan saran tindak kepada pimpinan serta melakukan problem sulfing. Acara diakhiri dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan foto bersama. Kegiatan berjalan tertib, aman dan lancar.

Penulis : Setyo B.0601 / Humas Res BWI

Editor : Alfian Nurnas

Publish : Setyo Bakti

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password