Pembentukan Sentra Gakkumdu Wujud Komitmen Bersama Ciptakan Suasana Aman Pemilikada Jatim

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi – Coffee morning dalam rangka rencana pembentukan Sentra Pengakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) dalam Pemilu Cagub Cawagub Jatim tahun 2018 diselenggarakan oleh Panwaslu Kabupaten Banyuwangi dengan Pejabat Polres Banyuwangi dan Kejaksaan Negeri Banyuwangi, pada hari Jumat (5/1) bertempat di Resto Ijen Isun Village Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Komisioner Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Banyuwangi,  Pejabat Polres Banyuwangi, Pejabat Kejari Banyuwangi antara lain Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si, Ketua Panwaslu Kabupaten Banyuwangi Hasyim Wahid, S.E.,M.M, Kasatreskrim Polres Banyuwangi AKP Sodik Efendi, S.H., Kasatintelkam Polres Banyuwangi AKP Bambang Agus T.B., Komisioner Panwaslu Cipto Nugroho, Komisioner Panwaslu Aksan Mustafa.

Dalam kesempatan tersebut Hasim Wahid, Ketua Panwaslu menyampaikan bahwa dasar pembentukan Sentra Gakkumdu adalah Peraturan Bersama Ketua Bawaslu Republik Indonesia, Kapolri, dan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor : 14 Tahun 2016, Nomor : 01 Tahun 2016, Nomor : 013/JA/11/2016.

Sentra Gakkumdu harus segera dibentuk paling lambat hingga pertengahan Januari 2018. Adapun jumlah anggota Sentra Gakkumdu sebanyak 15 (lima belas) orang yang anggotanya terdiri dari Panwaslu, Polres Banyuwangi, dan Kejari Banyuwangi.

“Permasalahan yang kami hadapi dalam pembentukan Sentra Gakkumdu ini  adalah kurangnya personil Panwaslu. Dalam operasional Gakkumdu telah disiapkan anggaran bersumber dari anggaran Pemilukada Jatim. Sehubungan dengan pengelolaan anggaran akan kami laksanakan dengan transparan agar kedepan terjadi sinergitas antara Panwaslu, Polres dan Kejari,” tutup Ketua Panwaslu Kabupaten Banyuwangi.

001. ijen isun panwas

Sementara itu dalam kesempatan tersebut AKBP Donny Adityawarman, Kapolres Banyuwangi menyampaikan  untuk struktur organisasi Gakkumdu sudah ditetapkan dalam Surat Keputusan Bersama.

“Untuk Polres akan menyediakan penyidik untuk bergabung dengan Gakkumdu, namun dalam kesehariannya tetap melaksanakan tugas sebagai penyidik di Polres. Dalam pelaksanaannya nanti jika ada perkara tindak pidana Pemilu penyidik akan memprioritaskan dan segera menindaklanjutinya,” demikian ujar AKBP Donny.

Kapolres berharap Sentra Gakkumdu segera dibentuk dengan disertai SK dan MoU paling lambat hari Selasa 9 Januari 2018 karena pelaksanaan tahapan Pemilukada Jatim sudah dimulai.

Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Banyuwangi, Jaksa Fungsional Arief Romadhoni menyampaikan hasil dari koordinasi hari ini akan disampaikan kepada Kajari Banyuwangi.

“Terkait dengan dua anggota Jaksa yang akan dilibatkan dalam Sentra Gakkumdu sudah dipersiapkan oleh Kejari Banyuwangi dan ke depan diharapkan dapat bekerja sama dan bersinergitas dengan baik,” ujar Arief Romadhoni.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 dan berakhir 10.00 Wib berlangsung dengan aman, tertib dan lancar dilanjutkan dengan ramah tamah dalam suasana kebersamaan di Resto dengan nuansa adat osing tersebut. Teriring komitmen dan harapan bersama semoga Pemilukada Jatim 2018, berjalan aman, kondusif.

Penulis : Setyo B.0601 / Humas Res BWI

Editor : Alfian Nurnas

Publish : Setyo Bakti

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password