AKP Kadek Adi Budi Astawa, S.T., S.I.K. Wedding, Kapolda Bali Sebagai Irup Pedang Pora

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali – Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Bali Ny. Barbara Golose bertindak sebagai Irup (Inspektur Upacara) tradisi Pedang Pora pada pernikahan AKP Kadek Adi Budi Astawa, S.T., S.I.K. dan Luh Putu Juwita Utami, S.H., di Batuan Resto, Jalan Raya Batuan, Sukawati, Gianyar, Sabtu (6/1/2018).

07D94178-58C6-42AA-8569-6C40ADD196F3Upacara Pedang Pora sudah dilakukan secara turun temurun. Ini melambangkan solidaritas, persaudaraan dan permohonan kepada Tuhan. Prosesi ini juga merupakan tradisi yang bersifat sakral dengan tujuan sebagai penghormatan yang setinggi-tingginya bagi anggota atau perwira Polri yang menikah karena akan meninggalkan masa lajangnya.

Prosesi diawali dengan formasi baris saling berhadapan pasukan Pedang Pora yang terdiri dari 12 perwira pertama berseragam lengkap. Kemudian Komandan Regu melapor kepada mempelai bahwa Pedang Pora sudah siap dan para pasukan dengan serentak menghunuskan pedang membentuk gapura.

Dengan diiringi musik dan puisi, pengantin pun mulai berjalan melewati gapura dari pedang tersebut. Selanjutnya, dibawah gapura Pedang Pora dilangsungkan penyematan cincin pernikahan. Suasanapun tampak romantis saat pengantin pria mencium kening pasangannya sebagai tanda puncak acara.

Disela-sela prosesi Pedang Pora, Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose mengalungkan bunga kepada AKP Kadek Adi Budi Astawa, S.T., S.I.K. dan dilanjutkan dengan penyerahan seperangkat pakaian seragam Bhayangkari oleh Ketua Bhayangkari Daerah Bali kepada pengantin wanita. “Selamat menempuh hidup baru. Semoga menjadi keluarga yang rukun, langgeng dan cepat di karuniai anak,” ucap Kapolda Bali.

 Turut hadir Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si. bersama Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Bali Ny. Ayu Alit Widana, Direktur Sabhara Polda Bali Kombes Pol. Drs. I Wayan Pinatih, M.M., Kapolres Gianyar AKBP Djoni Widodo, S.I.K. dan Kapolres Bangli AKBP I Gusti Ngurah Agung Panji Anom, S.I.K., M.A.P.

Penulis  : Arya

Editor    : Swanjaya

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password