Wedangan Bareng Kapolres, Upaya Angkat Kearifan Lokal Menjadi Terobosan Kreatif Polres Klaten

Tribratanews.polri.go.id – Klaten, Angkringan atau “Wedangan” dan HIK (Hidangan Istimewa ala Kampung) di Klaten menjadi spot kuliner yang sangat popular di semua kalangan masyarakat. Angkringan identik dengan rakyat jelata karena harganya yang terjangkau dan suasana yang penuh keakraban untuk semua kalangan.

Melalui media wedangan tersebut, Kapolres Klaten AKBP M. Darwis berupaya melakukan terobosan kreatif dengan mengangkat kearifan lokal yang ada di Klaten. Dengan mengusung filosofi jawa Wedangan atau “Ngawe Kadang Sesarengan”, Kapolres Klaten mengajak untuk bermitra bersama masyarakat.

Rabu, (18/01/2017)  malam, Kapolres Klaten bersama seluruh pejabat utama Polres Klaten melaksanakan wedangan bareng bersama Muspika Tulung, Kadinas, Kades Se-Kecamatan Tulung, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, Tokoh daerah dan segenap komponen masyarakat Tulung.

Menurut Kapolres, acara wedangan bareng ini dimaksudkan untuk ajang silaturahmi antara Polres Klaten dengan warga masyarakat. Dengan wedangan bareng ini, warga masyarakat dapat menyampaikan uneg-uneg yang berkaitan dengan situasi dan kondisi keamanan di Kabupaten Klaten.

“Kita bisa saling mengenal, jangan sungkan, disini kita bisa bertukar informasi dan berdiskusi untuk mendapatkan solusi terbaik tentang keamanan di Tulung”,  kata AKBP Darwis saat wedangan bareng di Teras Kantor Kecamatan Tulung.

Sejumlah warga masyarakat pun mengapresiasi langkah Kapolres Klaten dalam melaksanakan Wedangan Bareng tersebut, seperti yang diungkapkan Suyadi warga Gedongjetis, Tulung, yang merasa terbantu dengan adanya forum tersebut.

“ Bagus sekali, Melalui Forum ini kami dapat menyampaikan uneg-uneg pada Bapak Kapolres secara langsung ”, ungkapnya.

Ia pun menyampaikan keinginannya agar Polres Klaten melalui Polsek Tulung dapat menempatkan personilnya di jalan Jatinom-Boyolali untuk melakukan pengaturan lalu lintas, tepatnya di perempatan Majegan setiap pagi karena menurutnya jalur tersebut sangat ramai di pagi hari.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 20.00 hingga 22.00 wib itu pun diisi dengan diskusi dan Tanya jawab dari warga masyarakat dengan Polres Klaten.

Kapolres Klaten AKBP M. Darwis sendiri telah mencanangkan kegiatan Wedangan bareng tersebut akan dilaksanakan paling tidak seminggu dua kali di seluruh wilayah Kabupaten Klaten secara bergilir.

“Dengan Wedangan, kami berharap dapat menyerap aspirasi dan informasi dari masyarakat sehingga menjadi umpan balik bagi kami agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat”, tutup AKBP M. Darwis.

Penulis : erq

editor : Kang Iqbal

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password