TERTIB LALU LINTAS TRENGGALEK : Maaf Bu, Saya Belum Punya Sim

IMG-20170119-WA0246

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Pagi itu suasana di depan Stadion Menak Sopal Kabupaten Trenggalek nampak berbeda. Beberapa Polisi Lalu Lintas terlihat mengarahkan para pelajar yang menggunakan sepeda motor masuk ke halaman stadion kebanggan masyarakat Trenggalek ini.

Dengan sopan, Polwan-Polwan cantik menyapa para pelajar.

“Selamat pagi adik, bisa ditunjukkan SIM dan surat kendaraannya?,” tanya Bripda Tiwi.

Dengan sedikit gugup, pelajar itu membuka jok motor tempat ia menyimpan surat-surat kendaraan.

“Maaf bu, saya belum punya SIM,” ujar pelajar yang ternyata masih berumur 15 tahun tersebut.

Karena tak dapat menunjukkan kelengkapannya, ia pun harus menerima surat tilang sebagai konsekuensinya.

Cukup banyak pelajar yang terjaring razia Satlantas kali ini. Pelanggaran yang dilakukan mayoritas belum memiliki SIM, tidak membawa STNK serta kelengkapan motor yang tidak sesuai peruntukannya.

“Tujuannya menekan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang didominasi usia pelajar,” ujar Kasatlantas Polres Trenggalek, AKP Heru Sudjio, SH.

Di sisi yang lain, nampak pula seorang Polantas yang memberikan bingkisan kepada para pelajar. Selidik punya selidik, ternyata bingkisan berisi merchandise ini sengaja diberikan kepada mereka yang taat terhadap peraturan lalu lintas.

“Kami menerapkan reward and punishment system. Artinya bagi pelajar yang surat-suratnya lengkap dan mengutamakan safety, kami berikan penghargaan. Demikian pula bagi yang melanggar, kami berikan sanksi tegas berupa tilang,” jelas Heru.

Lebih lanjut Heru menuturkan, bagi pelajar yang belum cukup umur atau belum memiliki SIM dihimbau agar tidak mengendarai sepeda motor ke sekolah.

“Orang tua harus care kepada anaknya, akan lebih bijak jika diantar ke sekolah. Jangan biarkan mereka mengendari sepeda motor sendirian,” pungkas Heru.(*)

Penulis : Ady
Editor : Kang Ikbal
Publish : Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password