Polsek Tombariri Bantu Mediasi Masalah Antara Dua Pemilik Pajeko

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – ABK (Anak Buah Kapal) jenis pajeko (kapal penangkap ikan) KM Dua Putri dengan KM Kaila Bila, terlibat permasalahan di pantai Desa Teling, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa (wilayah hukum Polres Tomohon), Kamis (04/01/2018), sekitar pukul 09.00 WITA.

Kejadian bermula ketika kedua kapal tersebut hendak menangkap ikan di perairan Desa Teling. Saat akan melepas soma (jaring) dalam keadaan terburu-buru, kedua kapal pun tidak terkendali. Haluan KM Dua Putri bertabrakan dengan bagian kemudi KM Kaila Bila, sehingga kedua kapal mengalami kerusakan.

Kapten KM Kaila Bila, Arafid Modimbaba (39) menerangkan, saat itu mereka sedang berebut untuk menangkap ikan. Diduga, Kapten KM Dua Putri, Sulaiman Darise (45) melempar batu ke arah KM Kaila Bila dan mengena di kaki ABK bernama Puasa Darisa (69).

Akibatnya, korban mengalami luka dan bengkak. Korban lalu berobat di Puskesmas Tombariri dan disarankan rawat jalan. Keluarga korban lalu melaporkan kejadian ini ke Polsek Tombariri.

Kapolsek Tombariri, Iptu Edy Suryanto membenarkan adanya laporan tersebut. “Setelah dilakukan mediasi, pihak keluarga korban sudah memaafkan pelaku,” ujarnya.

Namun untuk kerusakan kapal, pemilik KM Kaila Bila, Hidayat Gani menuntut pemilik KM Dua Putri, Nurhidayat agar memberikan ganti rugi. “Masih dalam proses negoisasi karena belum ada kesepakatan biaya ganti rugi. Kami akan membantu memediasi kedua pemilik kapal, agar permasalahan cepat selesai,” tukas Kapolsek.

Penulis: Johny
Editor: Alfian
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password