Operasi Mantap Praja Matoa 2018 Digelar di Polres Nabire

Tribratanews.polri.go.id – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Provinsi Papua semakin dekat dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018.

Dalam kesiapan pengamanan pilkada secara serentak, Kepolisian Resor Nabire beserta jajarannya melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Matoa 2018 dengan tema ” Polri yang Promoter siap mengamankan Pilkada Serentak Tahun 2018 “, bertempat di Mapolres Nabire, Jumat (05/01/2018) pagi.

Apel gelar pasukan yang dilakukan oleh Polres Nabire sendiri dipimpin langsung Kapolres Nabire yang diwakili Waka Polres Kompol I Nyoman Putra Sandita, SH, SIK. Dan dihadiri Para pejabat utama Polres Nabire, Perwira TNI/Polri dan instansi samping (Sat Pol PP serta Senkom Mitra Polri).

Dalam amanat Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Boy Rafli Amar, M.H yang dibacakan oleh Waka Polres Nabire, “Maksud dan tujuan dari pelaksanaan apel gelar pasukan ini adalah dalam rangka pengecekan kesiapan personel dan perlengkapan pengamanan pesta demokrasi pilkada serentak tahun 2018 di wilayah provinsi papua dan sekaligus menunjukkan kepada masyarakat bahwa kita seiap mengamankan jalannya seluruh tahapan pilada tahun 2018 di tanah papua,” ucap Waka Polres Nabire.

Pilkada adalah salah satu perwujudan dari kedaulatan rakyat yang proses pelaksanannya dilakukan melalui pemilihan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil guna memperoleh pemipin / kepala daerah.

WhatsApp Image 2018-01-05 at 14.30.56

Sistim pemilihan secara langsung tersebut merupakan rangkaian yang tak terpisahkan dalam sistem demokrasi negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

Adapun pedoman dalam pelaksanaan tugas pengamanan pilkada tahun 2018 di provinsi papua sebagai berikut :
1. Setelah pelaksanaan apel gelar pasukan ini segera laksanakan pengamanan di kantor-kantor penyelenggara pilkada karena tahapan pilkada sudah berjalan.

2. Rencanakan kegiatan latihan simulasi-simulasi pengamanan dengan melibatkan anggota TNI dan Linmas.

3. Segera lakukan pengecekan kembali kesiapan peralatan dan personel pengamanan.

4. Pedomano kembali berbagai ketentuan perundang-undangan, petunjuk dan aturan yang berlaku terkait pilada, sehingga anggota dapat melaksanakan tugas secara Profesional dan bersikap netral.

5. Para perwira berikan AAP setiap akan melaksanakan kegiatan dan lakukan pengawasan terhadap anggotanya.

6. Lakukan kegiatan road show pilkada damai hingga ke wilayah-wilayah serta intensifkan kegiatan kampung ATM dengan tema Pikada Damai.

7. Senantiasa waspadai dan peka terhadap issu yang tengah berkembang di masyarakat agar setiap gangguan kamtibmas sedini mungkin dapat diantisipasi.

8. Tingkatkan kesiapsiagaan personel dan satuan dengan mengegektifkan kegiatan kepolisian terpadu.

“Semoga Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberi jalan terang, dalam setiap pikiran,ucapan dan tindakan kita dan semoga pilkada serentak di provinsi papua berjalan dengan aman, tertib dan damai,” tutup Waka Polres Nabire kompol Nyoman, saat membacakan amanat Kapolda Papua. (*)

Penulis : Efer/Res Nabire
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Efer/Res Nabire

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password