Ops Mantap Praja Resmi Dimulai, Polda Sulsel beserta Jajaran Siap Mengamankan Pemilukada Serentak 2018

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, “Polri yang Promoter Siap Mengamankan Pemilukada Serentak Tahun 2018.” Itulah tema yang diusung pada Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Praja–2018 di Lapangan Karebosi Kota Makassar, Jumat (05/01/18).

Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono memimpin langsung apel tersebut yang diikuti oleh Jajaran Polda Sulawesi Selatan, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Satpol PP. Dari pantauan dilapangan Polda Sulsel juga menerjunkan pasukan anjing pelacak Unit K-9.

Gelar pasukan dimulai dengan pemeriksaan pasukan oleh Kapolda Sulsel didampingi Komandan Apel Danyon A Pelopor Sat Brimobda Sulsel Akbp Katik Kusmantoro.

Dalam amanatnya Kapolda Sulsel memberikan motivasi kepada para peserta apel untuk mewujudkan Pemilukada Tahun 2018 yang aman, tertib, serta kondusif dengan melakukan langkah–langkah yang tegas untuk menghindari ancaman kerawanan yang dapat mengganggu jalannya Pemilukada.

“Mari persiapkan fisik dan mental dalam memasuki pengamanan Pemilukada serentak tahun 2018 sehingga berjalan dengan lancar dan optimal serta menjadi suatu pelayanan prima bagi masyarakat,” ucap Kapolda Sulsel.

Diakhir amanatnya, Kapolda Sulsel menghimbau dengan tegas kepada Personil TNI-Polri agar tetap menjaga netralisasi dan menjauhkan diri dari politik praktis karena TNI-Polri merupakan tonggak utama keutuhan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kita dituntut netralisasi, maka ini adalah harga mati bagi TNI-Polri,” tegasnya.

Dimulainya Operasi Mantap Praja ini ditandai dengan penyematan pita tanda Operasi kepada perwakilan anggota Polri, TNI, Satpol PP.

Beberapa unsur Forkopimda nampak hadir diantaranya Kasdam XIV Hasanuddin Brigjen TNI Budi Sulistijono, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol. Mas Guntur Laupe, Kabinda Sulsel, Ketua KPU Propinsi Sulsel, para pejabat utama Polda Sulsel, para pejabat utama TNI AD, AU, AL, Kapolrestabes Makassar Kombes Pol. Anwar Efendi, Dandim Tabes Makassar Kolonel Arh Otto Sollu.

Selain itu hadir pula Kapolres Pelabuhan Makassar Akbp Aris Bachtiar, Dandem Pom XIV Hasanuddin, Danyon Marhanlan VI Letkol Mar Imron, Ketua DPRD Makassar Farouk M. Betta, para Kabag dan Kasat jajaran Polrestabes Makassar, para Kabag dan Kasat jajaran Polres Pelabuhan Makassar, para Kapolsek jajaran Polrestabes Makassar, para Kapolsek jajaran Polres Pelabuhan Makassar, para Camat se-Kota Makassar dan para Danramil jajaran Kodim 1408 BS/Kota Makassar.

Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana dan prasarana beserta unsur terkait lainnya sebelum diterjunkan dalam mengawal jalannya Pemilukada serentak Tahun 2018.

TNI Polri serta instansi terkait yang akan turun dalam menjaga keamanan Pemilukada 2018 merupakan suatu bentuk wujud sinergitas dan solidaritas dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

Penulis : Sumarwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password