Cek Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak 2018, Polres Tanggamus Lampung Gelar Pasukan, Begini Pesan Kapolres

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Dalam rangka kesiapan pengamanan Pilkada serentak pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Lampung dan Bupati/Wakil Bupati Tanggamus, Polres Tanggamus melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Krakatau 2018 Polres Tanggamus.

Apel gelar pasukan dilaksanakan di lapangan Pemkab Tanggamus, Jumat (5/1/18) pagi dipimpin langsung Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik. M.Si. diawali dengan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan TNI, Polri dan Pol PP.

Dalam sambutannya, Kapolres Tanggamus mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmatNya sehingga dapat melaksanakan kegiatan apel gelar pasukan, ucapan terima kasih Kapolres kepada unsur Forkopimda, Ketua KPU, Pejabat Utama TNI/Polri, Pimpinan SKPD, Ketua Partai Politik Kabupaten Tanggamus dan Pringsewu serta peserta yang dapat hadir dalam apel gelar pasukan.

Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik. M.Si didampingi Komandan Apel Ipda Okta Devi melakukan pemeriksaan pasukan.
Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik. M.Si didampingi Komandan Apel Ipda Okta Devi melakukan pemeriksaan pasukan.

“Apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Krakatau 2018 dilaksanakan dalam rangka mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri beserta unsur terkait sebelum diterjunkan ke lapangan, sehingga diharapkan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan optimal,” kata AKBP Alfis Suhaili mengawali sambutannya.

Lanjutnya, operasi ini juga untuk mewujudkan rasa aman kepada masyarakat dalam menyambut pilkada serentak tahun 2018. Kapolres mengajak kepada peserta upacara dan seluruh masyarakat untuk sama-sama menciptakan rasa aman dan kondusif, dan bertekad mewujudkan dan mengawal pilkada yang jujur dan adil.

“Kami harapkan masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan jernih sesuai hati nuraninya,” harap Kapolres.

Kapolres menekankan beberapa point penting diantaranya, pertama Siapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanab kepada masyarakat. Kedua, petakan setiap kerawanan pada setiap tahapan Pilkada serentak tahun 2018 serta deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelelijen, didukung Bhabinkamtibmas untuk mengetahui Dinamika dan Fenomena yang berkembang dimasyarakat. Ketiga, Tingkatkan kerjasama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara Pilkada dan segenap komponen masyarakat guna mewujudkan sinerhitas polisional yang proaktif dalam rangka pengamanan Pilkada serentak tahun 2018.

Keempat, Tingkatkan kewaspadaan terhadap potenau ancaman terorisme yang memanfaatkan Momen Pilkada serentak tahun 2018, khususnya wilayah memiliki potensi dijadikan target oleh pelaku. Kelima, Lakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran tindak pidana Pilkada secara terpadu melalui sentra Gakkumdu. Keenam, Pedomani aturan dan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku untuk menghindari keraguan dan kesalahan prosedur dalam setiap pelaksanaan tugas.

Kapolres Tanggamus didampingi unsur Forkopimda, Kabag Ops Kompol Aditya Kurniawan memberikan keterangan pers usai pelaksanaan apel gelar pasukan.
Kapolres Tanggamus didampingi unsur Forkopimda, Kabag Ops Kompol Aditya Kurniawan memberikan keterangan pers usai pelaksanaan apel gelar pasukan.

Ketujuh, Siapkan rencana pengamanan kontijensi serta latihan kepada seluruh personel sehingga mampu menghadapi eskalasi ancaman yang mengarah pada situasi kontijensi. Kedelapan, Lakukan pengawasan dan pengendalian secara melekat terhadap pelaksanaan operasi dan kinerja anggota untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan tugas dilapangan, Kesembilan, Jaga Netralisir sebagai Apratur negara sehingga Pilkada serentah tahun 2018 dapat berjalan aman, jujur dan adil.

“Saya mengajak kita sekalian untuk bersama-sama menyatukan tekad dan komitmen dalam rangka mengawal dan mengamankan serta mensukseskan Pemilukada Gubernur / Wakil Gubernur Lampung dan Bupati / Wakil Bupati Tanggamus. Semoga Kabupaten Tanggamua dan Kabupaten Pringsewu yang kita cintai ini selalu berada dalam situasi yang kondusif.” tutup Kapolres.

Apel pasukan Ops Kewilayahan Mantap Praja, ditandai dengan penyematan pita operasi oleh Kapolres Tanggamus, kepada perwakilan dari TNI, Polri, dan Pol PP, sementara pasukan Peserta apel terdiri dari, pleton Polri, TNI, Pol PP, Perhubungan, FKPPI, Pramuka, serta ormas yang ada di Kabupaten Tanggamus. Dengan Komandan Upacara Ipda Okta Devi. (*)

Penulis : N.Muslih / Polres Tanggamus
Editor : Alfian Nurnas
Publish : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password