Peduli Sosial, Kapolres Luwu Berikan Bantuan kepada Korban Kebakaran dan Tanah Longsor

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolres Luwu AKBP Dwi Santoso kembali memperlihatkan jiwa sosialnya dengan mengunjungi korban bencana alam tanah longsor dan kebakaran di Desa Illanbatu Uru, Kec. Walenrang Barat, Kab. Luwu, Kamis (4/12/18).

Dalam kunjungannya tersebut Kapolres Luwu menyerahkan bantuan berupa sembako kepada 2 keluarga korban tanah longsor yakni Jamal dan Senga, selain korban bencana tanah longsor bantuan berupa uang tunai diberikan kepada Pappa korban kebakaran rumah di Dusun Bilolo, Desa Illanbatu Uru, Kec. Walenrang Barat, Kab. Luwu.

Dalam dialognya dengan para korban bencana tanah longsor dan kebakaran rumah, Kapolres Luwu memberikan semangat dan motivasi untuk bersabar dan ikhlas menghadapi musibah s dan menerimanya sebagai ketetapan Tuhan Yang Maha Esa.

“Semoga bantuan ini bermanfaat untuk meringankan beban keluarga,” ucap Kapolres Luwu.

Jiwa sosial yang diperlihatkan Kapolres Luwu merupakan bukti empati kepada warga bahwa polisi adalah bagian dari masyarakat, hal ini juga merupakan kemuliaan disisi Allah azza wa jalla, Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ’anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barangsiapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allah akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barangsiapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allâh menutupi (aib)nya pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban)

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang maknanya), “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat.”

Karena balasan itu sesuai dengan jenis perbuatan. Hadits-hadits tentang masalah ini banyak sekali, misalnya sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Sesungguhnya Allah menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan lainnya dari Usamah bin Zaid Radhiyallahu anhu).

Seorang Muslim hendaknya berupaya untuk membantu Muslim lainnya. Membantu bisa dengan ilmu, harta, bimbingan, nasehat, saran yang baik, dengan tenaga dan lainnya.

Seorang Muslim hendaknya berupaya menghilangkan kesulitan atau penderitaan Muslim lainnya. Bila seorang Muslim membantu Muslim lainnya dengan ikhlas, maka Allah Azza wa Jalla akan memberikan balasan terbaik yaitu dilepaskan dari kesulitan terbesar dan terberat yaitu kesulitan pada hari Kiamat.

Oleh karena itu, seorang Muslim mestinya tidak bosan membantu sesama Muslim. Semoga Allah Azza wa Jalla akan menghilangkan kesulitan kita pada hari Kiamat.

Penulis : Marwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password