Luar Biasa Hasil Gotong Royong Pengendara Sepeda Motor Dapat Lewati Genangan Air di Km 13 Kalis

Tribaratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Kapuas Hulu – Tidak terasa sudah 3 minggu sejak dilaksanakan gotong-royong. Pengemudi kendaraan R4 dan R2 lega bisa melewati genangan Km 13 Nanga Kalis.

Awalnya jika melewati genangan ini Pengendara R2 dan Pengendara R4 khususnya mobil ban rendah jenis sedan tidak bisa melewatinya apabila dipaksakan bersiap-siap masuk Bengkel yang mengeluarkan biaya operasional tambahan.

Pengguna Jalan yang sehari-hari melewati jalan tersebut khususnya Masyarakat Kecamatan Kalis sangat berterimakasih kepada anggota Polsek Kalis, Koramil Kalis, warga Kalis dimana saat itu dengan sukarela tampa digaji kompak saling bahu-membahu melaksanakan gotong royong di areal genangan Km 13 Desa Nanga Kalis.

Gotong-royong selama 2 hari itu dilaksanakan mulai dari pembersihan parit yang tersumbat diradius sekitar 600 meter dari areal genangan Km. 13 Desa Nanga Kalis sampai Km 15 Desa Nanga Kalis, Kecamatan Kalis Kabupaten Kapuas Hulu.

Adanya genangan Km 13 Nanga Kalis ini karena daratanya rendah dan berawa diperparah oleh tersumbatnya saluran air disebelah kiri dan kanan,
waktu gotong royong kami mengurai dan mengangkat lalang, rumput yang menghambat saluran air disepanjang jalan mulai dari Km 13 sampai Km 15 Desa Nanga Kalis, Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu

Saya salut Polsek Kalis,
Koramil Kalis, Kades Kalis beserta warga Nanga Kalis sangat kompak waktu itu turun langsung ke lokasi, jujur sebelum ada gotong-royong genangan ini tetap bertahan antara 20 cm s/d 50 cm, ujar salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya.

Saat itu mau tidak mau pengendara R2 harus hati-hati melewati jembatan darurat yang dibuat secara swadaya oleh warga.

Saya melihat sendiri Bapak Belmi Kanit Intel Polsek Kalis sudah 6 kali membantu warga untuk memperbaiki jembatan tersebut karena sering patah akibat hantaman gelombang yang dihasilkan oleh kenderaan R4 saat melewati genangan tersebut

Sekarang Alhamdullilah sejak dilaksanakan gotong royong genangan berangsur surut, bahkan semalam hujan deras genangan hanya setinggi 10 cm, tambahnya.

Apa yang kami lakukan Mudah – mudahan sedikit mengurangi genangan di Km 13 Desa Nanga Kalis, sebelum adanya gotong royong Polsek Kalis sudah terlebih dahulu membuat tanda rambu lalulintas yaitu tanda ada lubang dan peringatan untuk hati-hati.

Alhamdulilah setelah dibersihkan warga Desa Nanga Kalis bersama anggota Polsek Kalis, Koramil Kalis saluran air sudah berjalan dengan baik, otomatis akan mengurangi debit genangan di Km 13 Nanga Kalis dan memberikan sedikit kenyamanan baik pengemudi R4, pengemudi R2 saat melewati jalan tersebut.

Bisa kita lihat bersama saat ini mobil kenderaan rendah jenis sedan dan roda 2 sudah banyak yang berani melewati genangan karena memang sudah surut drastis, tutur Ipda Dedi Supriadi selaku Kapolsek Kalis.

Penulis : Belmi H. Siallagan, S.AP
Editor : Alfian N/Nanang Purnomo
Publish : Ilmy PNC

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password