Tunjukkan Rasa Sosialnya, Kapolres Sinjai Berikan Bantuan kepada Korban Kebakaran di Desa Kanrung

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolres Sinjai Akbp Ardiansyah kembali menunjukkan rasa sosialnya antara sesama dengan mengunjungi korban kebakaran atas nama Ramlah (45) di Dusun Hampangnge, Desa Kanrung, Kec. Sinjai Tengah, Kab. Sinjai, Rabu (03/01/18).

Peristiwa itu terjadi saat Ramlah menyalakan api di dapur untuk mengasapi kelapa, kemudian pergi kemasjid untuk menyapu halamannya, tidak lama setelah rumah ditinggalkan terjadilah kebakaran yang mengakibatkan rumah beserta isinya hangus dilalap sijago merah.

Beruntung rumah dalam keadaan kosong sehingga tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut. Saat ini Ramlah bersama keluarga tinggal ditenda yang dibuatnya bersama warga sekitar disamping puing-puing rumahnya yang habis terbakar.

Artikel, Tunjukkan Rasa Sosialnya, Kapolres Sinjai Berikan Bantuan kepada Korban Kebakaran di Desa Kanrung1Dalam kunjungannya Kapolres Sinjai menyerahkan bantuan berupa sembako kebutuhan sehari-hari, alat memasak dan pakaian serta uang tunai kepada korban sebagai wujud kepedulian sesama. “Mudah-mudahan apa yang kita berikan sedikit meringankan kebutuhan hidup sehari-hari,” ucapnya.

Kapolres Sinjai mengatakan bahwa sesungguhnya Allah SWT memberikan rejeki kepada kita dan didalamnya ada juga hak bagi orang yang membutuhkan uluran tangan olehnya itu selagi masih ada rejeki dari Allah SWT kita harus peduli terhadap sesama yang membutuhkan uluran tangan kita semua.

“Kita semua bersaudara apa yang dirasakan saudara kita Ramlah saat ini kita juga merasakannya olehnya itu mari kita bantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan,” pungkasnya.

Hal tersebut senada dengan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, “Orang-orang yang beriman itu seperti satu tubuh. Apabila salah satu anggota tubuh mengeluh kesakitan, maka seluruh anggota tubuh yang lain ikut merasakan sakitnya dengan demam dan tidak bisa tidur.” (HR. Bukhari no. 6011 dan Muslim no. 2586).

Ini menunjukkan bahwa kesusahan yang diderita saudara kita seiman juga menjadi penderitaan kita sebab kita satu tubuh. Islam mendorong umatnya untuk membantu siapa yang membutuhkan, pada hakikatnya menolong orang yang membutuhkan juga berarti bahwa menolong diri sendiri. Ada kaedah dalam bahasa Arab yang berbunyi: aljazaa’ min jinsil ‘amal, bahwa balasan seperti amal yang dilakukan. Karena itu dengan kaedah tersebut kita bisa memahami hadits dari Ibnu Umar radhiyallahu anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barangsiapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allah akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barangsiapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allâh menutupi (aib)nya pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban)

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang maknanya), “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat.”

Karena balasan itu sesuai dengan jenis perbuatan. Hadits-hadits tentang masalah ini banyak sekali, misalnya sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Sesungguhnya Allah menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan lainnya dari Usamah bin Zaid Radhiyallahu anhu).

Seorang Muslim hendaknya berupaya untuk membantu Muslim lainnya. Membantu bisa dengan ilmu, harta, bimbingan, nasehat, saran yang baik, dengan tenaga dan lainnya.

Seorang Muslim hendaknya berupaya menghilangkan kesulitan atau penderitaan Muslim lainnya. Bila seorang Muslim membantu Muslim lainnya dengan ikhlas, maka Allah Azza wa Jalla akan memberikan balasan terbaik yaitu dilepaskan dari kesulitan terbesar dan terberat yaitu kesulitan pada hari Kiamat.

Oleh karena itu, seorang Muslim mestinya tidak bosan membantu sesama Muslim. Semoga Allah Azza wa Jalla akan menghilangkan kesulitan kita pada hari Kiamat.

Penulis : Taufik

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password