Polres Kediri Kota Bakal Proses Penipu dengan Penyalahgunaan Simbol Negara

Tribratanews.polri.go.id – Polres Kediri Kota, Polres Kediri Kota akan berperan aktif mengantisipasi dan menghentikan aksi penipuan di dua perbankan dengan modus pelunasan kredit di perbankan.

Kepolisian berjanji akan menangkap pelaku penipuan yang sembarangan menggunakan simbol negara dalam surat menyurat.

Kaur Bin Ops (KBO) Reskrim Polres Kediri Kota Agus Salim mengatakan, dokumen Sertifikat Bank Indonesia (SBI) yang akhir-akhir ini dipakai adalah palsu. Maka pihaknya akan memprosesnya secara hukum bila terjadi di Kediri.

“Kami juga mengingatkan kepada masyararakat agar tidak sembarangan menggunakan lambang Negara dalam surat menyurat. Karena penyalahgunaan simbol Negara juga bisa terjerat hukum, sesuai dengan undang-undang nomor 24 tahun 1979,” tegas Agus Salim, Rabu (18/1/2017).

Akhir-akhir ini memang marak penipuan dengan cara menawarkan pelunasan kredit atau pembebasan hutang. Bank Indonesia Perwakilan Kediri bersama pihak penegak hukum meminta masyarakat waspada.

Bank Indonesia sedang berkoordinasi dengan kepolisian dan kejaksaan terkait permasalahan ini, agar menindak secara hukum. Mengingat, keberadaannya jelas akan membuat kacau lalu lintas perbankan dan berakibat merugikan Negara.

Selama ini, sejumlah oknum itu modusnya dengan menerbitkan surat pembebasan hutang yang mengasnamakan presiden, lembaga negara, dan kop suratnya pun menggunakan lambang garuda. Kepolisian berharap masyarakat segera melapor ke polisi bila mengalami hal serupa.

Sementara itu, saat ini yang teridentifikasi adalah PT. Swissindo World Trust International Orbit di Cirebon serta Koperasi Pandawa Mandiri Grup di Yogyakarta. Mereka menjanjikan akan menyelesaikan utang-utang nasabah dengan mancatut nama Bank Indonesia.

Pelunasan hutang itu dilakukan dengan jaminan SBI atau surat berharga lainnya yang dikeluarkan Bank Indonesia. Proses pelunasan hutangnya melalui pembayaran nontunai pada Bank Indonesia -DIDIK (Res Kdr Kota)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password