Satgas Ganjal : antara Panggilan Tugas dan Resiko terhadap Keselamatannya Sendiri

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Ada yang unik saat memantau pengamanan tahun baru di jalur wisata Pantai Watulimo Trenggalek. Di setiap tanjakan dan turunan tajam terlihat beberapa orang polisi yang membawa balok kayu berbentuk kotak persegi panjang. Usut punya usut ternyata para polisi ini bersiaga jika mendapati mobil yang tak kuat menanjak.

Maklum saja, untuk menuju Pantai Prigi, Pasir Putih dan destinasi wisata lainnya di Watulimo memang melewati beberapa kali tanjakan dan turunan tajam. Bagi masyarakat sekitar mungkin bukan hal yang sulit, namun bagi pengunjung khususnya luar kota sering kali mengalami mogok ataupun mobil yang dikendarai ternyata tidak kuat naik tanjakan.

Mengantisipasi hal tersebut, Satlantas Polres Trenggalek menerjunkan satu Satgas khusus yang bertugas membantu para pengemudi yang mengalami mogok atau tidak kuat tanjakan dengan menggunakan peralatan berupa balok kayu yang berfungsi mengganjal roda kendaraan agar tidak turun.

“Pengalaman tahun lalu banyak mobil mogok karena tak kuat menanjak. Sedangkan kondisi jalan relatif sempit sehingga menimbulkan kemacetan panjang” jelas Kasatlantas AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K.

Oleh AKP Ricky, Satgas unik ini diberi nama Satgas Ganjal. Bagi yang tidak paham mungkin merasa sedikit aneh. Namun setelah mengetahui tugas dan tanggung jawabnya pasti akan berpendapat jika keberadaan Satgas Ganjal ini sangat bermanfaat dan membantu para pengemudi yang mengalami masalah dengan medan Watulimo.

Terbukti, Satgas ini berkali-kali harus turun tangan membantu menganjal mobil dan mendorongnya ke tempat yang relatif aman sehingga arus lalu lintas kembali lancar.

“Ada beberapa pengendara yang mogok, alhamdulilah semua terbantu. Jadi tidak sampai menimbulkan kemacetan” ungkap AKP Ricky.

Hingga sore hari, arus lalu lintas di sepanjang jalan menuju lokasi wisata di Watulimo aman dan lancar. Tidak terjadi hal menonjol yang berkaitan dengan bidang kelalulintasan.

“Semua berkat kerjasama yang baik dan dedikasi anggota di lapangan” tegas AKP Ricky.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password