Satu Rasa Satu Korsa, ini Gambaran Kedekatan Seorang Pimpinan kepada Anggotanya

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Ada yang menarik perhatian saat apel pengamanan malam tahun baru di halaman pendopo Kabupaten Trenggalek. Seorang AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H, Kapolres Trenggalek makan bersama di antara kerumunan anggota TNI dan Polri yang akan melaksanakan pengamanan, Minggu (31/12).

Makannya pun bukan di ruangan khusus apalagi meja kursi. Ya, orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek ini duduk bersila di atas aspal bersama anggota yang lain. Menu yang disantap pun sama, nasi kotak lengkap dengan satu gelas air mineral. Meskipun begitu, Kapolres muda asal Surabaya ini nampak menikmati sembari berbincang dengan beberapa anggota.

Ya ndak papa, biar sama-sama merasakan. Kan sama-sama menjalankan tugas negara. Satu rasa satu korsa” jelas AKBP Didit.

Hal tersebut merupakan cara AKBP Didit untuk mendekatkan diri dengan anggotanya. Sebagai seorang pemimpin, AKBP Didit merasa bahwa dirinya harus menjadi bagian tak terpisahkan dengan anggotanya. Dengan begitu, komunikasi maupun interaksi timbal balik antara pimpinan dengan bawahan akan menjadi lebih baik. Anggota pun terlihat lebih rilleks dan tak segan berbincang dan bersenda gurau.

“Ada pepatah mengatakan satu teladan lebih baik dari seribu nasehat. Saya berusaha memberikan contoh kepada seluruh anggota. Bukan hanya memerintah tapi juga turun ke lapangan bersama mereka” imbuhnya.

Apapun itu, yang dilakukan Kapolres ini mencerminkan betapa dekatnya ia dengan bawahannya. Tidak hanya piawai memberi instruksi tetapi juga mengerti apa yang dirasakan bawahannya, sehingga harmonisasi dan dinamika organisasi akan terbangun dengan sendirinya.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password