DPO Kasus Pencurian di Gudang Terigu Soppeng Diantar Orang Tuanya Menyerahkan Diri

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Satu orang DPO pelaku pencurian dan pembongkaran Gudang Terigu di Kec. Donri Donri Soppeng menyerahkan diri, Sabtu malam (30/12/17).

Pelaku inisial SD alias IBO (23), menyerahkan diri diantar oleh orang tuanya di Posko Resmob Tim Kalong Polres Soppeng.

Aiptu Asdar Kanit Resmob Polres Soppeng mengungkapkan, Berdasarkan LP/48/XII/2017/Polsek Donri donri, pelaku selanjutnya ditahan untuk menjalani proses hukum.

SD yang menyerahkan diri ini adalah salah satu rekan dari tersangka Enal yang sebelumnya dibekuk di Pare pare terkait kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) pembongkaran gudang tepung terigu di Kec. Donri Donri Soppeng, tutup Aiptu Asdar.

Kriminalitas tidak bisa dihilangkan dari muka bumi ini. Adapun yang bisa dilakukan hanya mengurangi terjadinya aksi kriminal, melalui tindakan-tindakan pencegahan. Membatasi kesempatan seseorang bisa mencegah terjadinya tindakan kriminal untuk mencuri.

Solusi yang dapat dilakukan untuk menghindarkan anak-anak dalam masalah seperti ini terutama orang tua dan pemerintah. Para orangtua seharusnya bersikap ekstra hati-hati dan memantau secara rutin setiap tahap perkembangan anaknya. Lalu pemerintah harus bekerja lebih maksimal lagi dalam mensejahterakan rakyatnya.

Misalnya, meringankan biaya pendidikan agar anak-anak memiliki ilmu dan skill yang bisa digunakan untuk meringankan beban orang tua mereka. Lalu memberikan dana/uang jatah bulanan kepada warga miskin. Membatasi jumlah penduduk tiap tiap pulau, sehingga tidak ada pertumbuhan yang terlalu tinggi di salah satu pulau/ pemindahan orang–orang ke pulau lain.

Penulis : Harmeno
Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password