Polres Sula Gelar Upacara Peringati HUT Satpam ke-37

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Dalam rangka memperingati 37 tahun hari jadi Satpam, Polres Kepulauan Sula (Kepsul) menggelar upacara di lapangan Polres Sula, Sabtu (30/12/2017) yang dimulai pada pukul 09:00 WIT.

Kegiatan ini juga diselenggarakan dengan tema ‘Melalui Peningkatan Kompetensi, Kita Wujudkan Profesionalisme Satpam untuk Menciptakan Keamanan dan Ketertiban di Lingkungan Kerja’

Kegiatan upacara ini juga dihadiri oleh Kapolres Kepulauan Sula AKBP Jan W.I Makatita SIK seluruh anggota Satpam se-Kabupaten Kepulauan Sula, TNI AD Koramil Sanana, , Perhubungan, Satpol PP dan seluruh satuan dalam Kepolisian.

Meskipun kegiatan di Polres, namun Bupati Kabupaten Kepulauan Sula Hendrata Thes didaulat menjadi inspektur upacara.

Dalam sambutannya, Bupati Kepsul Hendrata Thess membaca langsung amanat Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Dalam amanatnya, Kapolri berpesan bahwa melalui peningkatan kompetensi, kita wujudkan profesionalisme satpam dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja.

“Merupakan harapan kita dan peringatan ini dilaksanakan secara serentak di Polres-Polres dengan maksud untuk mengetahui penggelaran potensi satuan pengamanan swakarsa di wilayahnya masing-masing, sebagai mitra keseharian dalam mengembang fungsi kepolisian di lapangan,” katanya.

Hal ini merupakan wujud nyata dari apa yang menjadi dasar hukumnya, yaitu amanat dalam pasal 3 ayat (1), pasal 14 ayat (1) huruf (f), pasal 15 ayat (2) huruf (g), pasal 34 ayat (2), dan pasal 36 undang-undang nomor 2 tahun 2002 tentang kepolisian negara republik indonesia, serta aturan pelaksanaannya, yaitu peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2012.

“Pada kesempatan ini, saya ingin mengingatkan kembali bahwa Polri telah menerbitkan panduan induk kepada masyarakat dalam mengelola pengamanan swakarsa secara profesional pada sebuah organisasi, perusahaan dan atau instansi lembaga pemerintah yang dituangkan sebagai peraturan Kapolri Nomor 24 Tahun 2007 (Berita NKRI Tahun 2007 No. 50), panduan ini memberikan tuntunan untuk menerapkan satu tata kelola pengamanan swakarsa secara holistik terhadap proses bisnis satu organisasi.” tutupnya

Penulis             : Wanto Tftt

Editor              : Alfian Nur

Publish            : Mandala

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password