Polsek Batang Lupar Laksanakan Pengamanan Peresmian Bendera Adat (Tambe)

Tribratanews.polri.go.id. Polda Kalbar, Polres Kapuas Hulu – Guna melestarikan adat dan budaya suku Banuaka yang mana dari pihak Polsek Batang Lupar telah melakukan pengamanan dalam peresmian bendera adat (Tambe), Sabtu (30/12/2017).

Dalam kegiatan peresmian Bendera Adat (Tambe) tersebut dilaksanakan gedung balai adat bersatu Dusun Ukit-Ukut Desa Labian Kec. Batang Lupar, Kab. Kapuas Hulu yang di hadiri oleh muspika Kec.Batang Lupar, Kepala Desa Labian, para Kadus, tokoh agama, tokoh masyarakat tokoh adat, wakil tumenggung dan warga masyarakat Desa Labian yang berjumlah kurang lebih 150 orang.

Maksud dan tujuan di resmikanya bendera adat atau Tambe tersebut adalah untuk melestarikan adat dan budaya suku Banuaka yang mana bendera adat atau Tambe adalah salah satu cirikhas budaya Banuaka dari suka Dayak Tamam Embaloh, mengingat Rambe yang lama sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru dan didalam penggantian atau pembuatan dengan bendera yang baru tersebutpun sudah selesai dikerjakan, jelas Hermanus Riyanto.

Dalam prosesi kegiatan adat peresmian Bendera Adat atau tambe tersebut di laksanakan di gedung balai adat bersatu Dusun Bukit- ukir Desa Labuan dan setelah itu dilanjutkan prosesi adat yang di laksanakan di sungai Labian dengan cara bendera tersebut diarak atau bawa dengan mengunakan perahu sampan besar dengan mengelingi dan memutar di Sungai Labian.

Dalam kegiatan tersebut Kapolsek Batang Lupar Ipda Rajiman melalaui Kanit Binmas Bripka Winston Situmorang bersama para Bhabinkamtibmas Desa Labian Briptu Kasrun dan para Bhabinkamtibmas lainya untuk turun dan hadir serta melakukan Pengamanan kegiatan peresmian Bendera Adat atau Rambe tersebut.

Selama kegiatan peresmian tersebut berjalan dengan aman tertib dan kancar

Penulis : Tiyono Ershi
Editor : Alfian N/Nanang Purnomo
Publish : Bunga Asri P

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password