Inilah Capaian Kinerja Polres Trenggalek Selama Tahun 2017

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Sepanjang tahun 2017, Polres Trenggalek telah menangani sedikitnya 295 kasus. 195 kasus atau 66% diantaranya selesai hingga pengadilan, sedangkan sisanya masih dalam tahap penyelidikan dan penyidikan Satreskrim Polres Trenggalek. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H.  saat press release capaian Polres Trenggalek selama tahun 2017 di Mapolres Trenggalek, Sabtu (30/12).

AKBP Didit menuturkan, tindak pidana tertinggi adalah penipuan sebanyak 42, pencurian dengan pemberatan atau Curat sebanyak 56 kasus, disusul penipuan 42 kasus dan judi 26 kasus. Sedangkan beberapa kasus yang membutuhkan perhatian dari semua pihak diantaranya adalah perkara yang melibatkan anak dan kejahatan IT.

“Dari data kami ada 13 kasus kekerasan terhadap anak, pencabulan 3 kasus dan penelantaran anak 1 kasus. Ini membutuhkan perhatian dari semua stakeholder agar perlindungan terhadap anak-anak benar-benar terlaksana dengan baik” ungkap AKBP Didit.

“Khusus bidang IT ada 5 perkara yang ditangani Satreskrim. 4 selesai dan 1 lagi masih proses penyidikan” imbuhnya.

Ditahun 2017, Polres Trenggalek juga menorehkan prestasi dengan keberhasilannya mengungkap beberapa kasus menonjol, diantaranya Curat lintas provinsi spesialis rumah pengusaha di Kelutan dan Curat spesialis sekolah di SMKN 1 Trenggalek dengan nilai kerugian mencapai 300 juta rupiah. Selain itu, jajaran Resnarkoba berhasil mengungkap 38 kasus peredaran Narkoba dengan 29 tersangka dimana 6 kasus diantaranya adalah psikotropika jenis sabu-sabu.

Sementara dibidang lalu lintas, tingkat kecelakaan lalu lintas mengalami angka kenaikan sebanyak 10% dari jumlah 373 ditahun 2016, menjadi 410 kali. Dari segi usia, korban kecelakaan lalu lintas didominasi usia produktif 16-30 tahun sebanyak 166 kali. Namun demikian secara keseluruhan korban meninggal dunia akibat kecelakaan turun berkisar 7% dibanding tahun lalu.

“Ada kecenderungan naik. Jajaran Satlantas terus melakukan berbagai upaya untuk menekan angka kecelakaan dan langgar lantas. Sosialisasi dan operasi lalu lintas digalakkan untuk menumbuhkan kesadaran berlalu lintas masyarakat” jelas AKBP Didit.

Pelanggaran lalu lintas memang masih menjadi prioritas jajaran Satlantas Polres Trenggalek dimana dari 22.993 penindakan masih didominasi oleh kalangan pelajar sebanyak 4.504. Hal tersebut tidak bisa ditimpakan begitu saja kepada pihak Kepolisian. Peran serta orang tua dan sekolah tentu sangat dibutuhkan.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password