Jelang Tahun Baru, Polresta Kediri Gencar Razia Knalpot Brong

Tribratanews.polri.go.id, Polreta Kediri Polisi mulai melakukan upaya agar perayaan pergantian tahun nanti bisa berlangsung tertib. Salah satunya dengan melakukan razia kendaraan yang tak berfasilitas standar. Hasilnya, kemarin (28/12) mereka panen puluhan kendaraan roda dua yang melanggar aturan seperti itu.

Puluhan kendaraan bermotor yang spion, lampu, hingga knalpotnya tak standar tersebut terjaring dari lokasi simpang empat alun-alun. Polisi meminta pengendara kendaraan bermotor untuk menepi. Kemudian memeriksa kendaraan mereka apakah ada yang bagiannya tidak standar.

“Kota Kediri harus bebas dari knalpot brong sebelum tahun baru,” tegas Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli (Kanit Turjawali) Satlantas Polresta Kediri Ipda Priyo Hadistyo.

Hasilnya, ada puluhan motor yang terjaring. Tiga belas pada operasi pagi hari. Kemudian 15 motor pada siang harinya. Meskipun konsentrasi polisi pada motor berknalpot brong, polisi juga mendapati pelaku pelanggaran lain. Seperti spion, lampu, maupun veleg. Juga pengendara motor yang tak mengenakan helm.

“Semua yang unexpected akan kami tindak di tempat,” imbuh Priyo.

Sesuai pantau, ada puluhan motor yang dihentikan petugas di simpang empat alun-alun. Rata-rata tidak sesuai dengan bentuk aslinya. Terlebih knalpot brong, ada 15 motor yang dihentikan secara paksa.

Setelah meminta kendaraan menepi, petugas langsung melihat kelengkapaan surat berkendara. Lalu, mengecek suara knalpot yang sudah diganti atau dimodifikasi. Knalpot tersebut bersuara lebih keras. Yang mengganggu pengguna jalan lain. Bahkan, ada dua motor yang knalpotnya mengeluarkan percikan api.

Ada juga beberapa pelajar yang dihentikan polisi. Penyebabnya, motor mereka tidak sesuai standar. Tak hanya menilang, polisi juga menyita motor tersebut.

Rencananya, hari ini Satlantas akan menggelar rilis terhadap hasil razianya dua hari terakhir. “Saya lupa jumlahnya. Tapi lumayan banyak yang knalpot brong ini. Dan beberapa sudah kami sita,” pungkas Priyo.

 

 

Penulis      : Didik

Editor         : ALFIAN NURNAS

Publish      : Didik

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password