Safari Jumat Kapolres Sanggau di Masjid Mujahidin Sanggau

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – Dalam rangka cipta kondisi wilayah Kabupaten Sanggau sekaligus mendekatkan diri kepada masyarakat Kapolres Sanggau AKBP Rachmad Kurniawan, SH, S. IK, MM memprogramkan safari jumat ke masjid-masjid. Hal ini sebagai suatu hal yang strategis , selain dapat bersilaturrahim langsung dengan alim ulama, sesepuh, tokoh agama , penuda dan seluruh jamaah, sekaligus saya dapat menyampaikan pesan pesan kamtibmas.

Pada Jumat ini (29/12) AKBP Rachmad Kurniawan berkesempatan bertatap muka dengan Jemaah Masjid Mijahidin Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau didampingi para Pejabat Utama Polres Sanggau.

Dalam kesempatan kegiatan tersebut selain memperkenalkan diri selaku warga sanggau yang baru dan mendapat amanah untuk melaksanakan tugas menjaga Kamtibmas diwilayah Kab. Sanggau AKBP Rachmad Kurniawan juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas.

Sebagai warga Negara Indonesia yang dianugrahi dan dapat hidup rukun dalam Keberagaman, baik suku, adat budaya juga agama. Setiap agama dan keyakinan di indonesia itu pasti ada hari-hari besar atau hari raya, sama dengan umat islam, dan saat ini saudara kita yang nasrani sedang merayakan hari rayanya sebagai mana kita umat muslim merayakan hari raya idul fitri setiap tahun. Untuk itu hendaknya segenap lapisan masyarakat dapat menjaga toleransi dengan memberi kesempatan kepada saudara kita umat nasrani untuk menunaikan ibadahnya dan merayakan hari rayanya, bahkan untuk menambah suasana yang kondusif, ormas- ormas islam dapat berpartisipasi dalam mengamankan perayaannya. Karena hal ini sebagai salah satu wujud bahwa islam adalah Rahmatan Lil Alamin sesuai yang dianjurkan dalam Syariat Islam, yakni umat ini mempunyai sikap toleransi saling menghargai antar umat beragama.

Selain memupuk *Ukhuwan Islamiah* ( hubungan sesama jamaah ), kita harus juga dapat mempererat *Ukhuwah Wathoniah* (hubungan sebagai sesama anak bangsa tanpa memandang unsur suku apa, apa agamanya, warna kulit dsb), inilah pancaran jiwa-jiwa nasionalis. Selain dua ukhuwah itu kita juga harus mampu menjalankan *Ukhuwah Insaniah*, yakni hubungan antar umat manusia yang tidak terbatas pada kesamaan bangsa, namun berdasarkan sesama mahluk tuhan.

Selanjutnya AKBP Rachmad Kurniawan menyampaikan bahwa menjelang pilkada bupati / wakil bupati dan pilkada gubernur / wakil gubernur hendaknya masyarakat dapat waspada terhadap informasi yang diterima. “Seyogyanya informasi tersebut di croschek (tabayun) kebenarannya sebelum membagikan ke media sosial. Jangan sampai kita turut menebarkan informasi hoax yang bisa memecah belah bangsa dan masyarakat Kabupaten Sanggau pada khususnya sehingga dapat mengganggu stabilitas Kamtibmas di Wilkum Polres Sanggau” jelas Kapolres Sanggau.

Terakhir Kapolres menyampaikan mohon dukungan dan restu dari semua kalangan , agar saya dapat bekerja dengan baik dan dapat menjalankan tanggung jawab ini secara baik dan amanah dengan niat ikhlas untuk melayani masyarakat Kabupaten Sanggau.

Penulis : Denny Ardiyanto
Editor : Alfian Nurnas / Nanang. P
Publish : Bunga Ap

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password