Aman Banyuwangiku, Damai Masyarakatnya karena Sinergitas Polri dan Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi – Pada hari Jumat (29/12) bertempat di Masjid Aniul Yaqin Desa Tembokrejo Kecamatan Muncar Bhabinkamtibmas Aiptu Suyana sebelum khotbah jumat  dimulai  oleh Ust. H Soleh, memberikan himbauan Kamtibmas.

Aiptu Suyana yang dikenal sangat religius dan aktif dalam kegiatan keagamaan di Desa Tembokrejo pada kesempatan tersebut mengingatkan para jamaah sholat jumat yang hadir untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang aman kondusif. Dalam merayakan malam pergantian tahun hendaknya para orang tua bisa untuk mengingatkan anak-anaknya untuk tidak merayakan malam tahun baru dengan cara-cara yang melanggar hukum.

“Dalam merayakan malam pergantian tahun hendaknya kita bisa isi dengan kegiatan yang positif, misalnya dengan melaksanakan semakan al quran, istigosah, dan lainnya. Hindari perayaan malam tahun baru dengan hal-hal yang negatif seperti minum, minuman keras, balapan liar,” ujar Bhabinkamtibmas Desa Tembokrejo, Polsek Muncar Polres Banyuwangi.

Aiptu Suyana melanjutkan pada malam pergantian tahun nanti apabila meninggalkan rumah untuk merayakan malam tahun baru atau melaksanakan kegiatan ibadah sebaiknya jendela dan pintu rumah selalu terkunci. Jangan lupa selalu cek kompor gas atau jika perlu lepaskan selang dari tabung gas demi keamanan. Karena penting kebanyakan rumah ditinggal penghuninya kemudian kompor gas meledak disebabkan adanya keteledoran dari pemiliknya.

“Marilah kita jadikan malam pergantian tahun ini dengan penuh berkah dan lebih khusuk. Jadilah generasi muda yang baik dan berkualitas. Manfaatkan untuk mengaji, iktikaf di masjid jangan untuk nongkrong yang tidak jelas. Para orang tua hendaknya bisa melakukan pengawasan terhadap pergaulan anaknya, orang tua berkewajiban mendidik anak-anaknya dengan baik,” tutup Aiptu Suyana.

Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman., S.I.K., M.Si melalui Kompol Drs. Toha Choiri., S.H., M.M Kapolsek Muncar mengatakan bahwa stabilitas Kamtibmas bisa terwujud melalui sinergitas, hubungan komunikasi yang baik dengan semua elemen masyarakat. Melalui kebersamaan akan tercipta situasi yang aman dan nyaman sehingga masyarakat bisa melakukan semua aktivitas tanpa hambatan.

“Polri sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat tidak  ungkin bisa bekerja sendirian tanpa dukungan dari masyarakat untuk itu diperlukan langkah-langkah untuk membangun sinergitas dan kebersamaan dalam menjaga situasi Kamtibmas tetap aman kondusif. Kita wujudkan kepedulian dan kebersamaan untuk Banyuwangi yang aman. Aman Banyuwangiku, damai masyarakatnya,” ujar Kapolsek Muncar Polres Banyuwangi.

765b3a5d-7b8c-4700-a14d-5daf3b31802c

Pada hari yang sama ditempat yang berbeda, Bhabinkamtibmas Desa Wringinputih Kecamatan Muncar Brigadir Andhika setelah melaksanakan sholat jumat di Masjid Pasar Anyar Wringiputih menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas menjelang pergantian tahun baru, dengan mengantisipasi pemuda yang minum-minuman keras, kebut-kebutan dan tindak pidana lainnya.

“Malam tahun baru hendaknya bisa digunakan untuk melakukan hal-hal yang positif. Bagi generasi muda janganlah menggunakan kendaraannya untuk kebut-kebutan yang dapat mengganggu masyarakat sekitar dan membahayakan keselamatan diri sendiri serta orang lain,” pesan Brigadir Andhika.

Bhabinkamtibmas Desa Wringinputih, Brigadir Andhika melaksanakan silaturahmi dan pembinaan penyuluhan terhadap takmir masjid dan jammah sholat jumat di Masjid Pasar Anyar. Kegiatan seperti ini secara rutin dilaksanakan oleh Brigadir Andhika dengan tujuan terciptanya sinergitas antara tokoh agama, pengurus masjid dengan Polri, juga sebagai langkah antisipasi terjadinya pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di lingkungan masjid.

“Kami berharap dengan kegiatan semacam ini bisa memperkuat sinergitas antara Polri dengan tokoh agama sehingga terwujud kebersamaan dalam menjaga situasi Kamtibmas yang aman kondusif,” tutup Kapolsek Muncar.

Penulis : Setyo B.2912 / Humas Res BWI

Editor : Alfian Nurnas

Publish : Setyo B

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password