Satlantas Polres Luwu Kawal Prosesi Adat Mapacakke Wanua

2017-01-18 21.25.29

Tribratanews.polri.go.id. – POLRES LUWU, Rangkaian peringatan Hari Jadi Luwu ke-794 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-71 tahun 2017 di Belopa, Kabupaten Luwu, diawali ritual adat Mapacakke Wanua yaitu dengan mengambil air suci dari sumur tua (Bubung Patani) yang prosesinya digelar di Desa Senga, Kecamatan Belopa Kab. Luwu, Rabu (18/1).

Nah, air suci ini mesti diarak keliling Kota Belopa dan airnya harus dipercikkan sepanjang perjalanan.

Pelaksanaan acara adat Mapacakke Wanua yang berlangsung pukul 08.00 Wita itu, berjalan lancar, arak-arakan peserta Mapacakke Wanua mendapat pengawalan langsung dari unit BM Satlantas Polres Luwu.

Proses pengambilan air suci dilakukan pemangku adat Luwu-Belopa kemudian dilanjutkan tokoh masyarakat, pejabat Pemda Luwu, serta Ketua DPRD Luwu dan jajarannya.

Sontak, arak-arakan peserta Mapacakke Wanua yang menampilkan replika beserta diiringi dayang-dayang ala Kerajaan Luwu menjadi pusat perhatian warga. Terlebih, pengawalan yang dilakukan unit BM Satlantas Polres Luwu berhasil mensterilkan jalan saat ritual adat berlangsung.

Tokoh Adat Luwu, Saddakati A. Arsyad, menjelaskan bahwa prosesi adat Mapacakke Wanua mengandung arti yang sangat luas.

“Intinya adalah memohon kepada Yang Maha Kuasa untuk menjadikan Luwu daerah yang dingin dan mendinginkan daerah sekitar, sehingga tercipta suasana yang aman, tentram, penuh kesejukan, dan sejahtera,” pungkas Saddakati A. Arsyad.

2017-01-18 21.24.42

Penulis : Akhmad
Editor : Sumarwan
Publish : Sumarwan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password