Jaga Keselamatan Diri dan Rekan Kerja Antisipasi Kecelakaan Laut, Pesan Bhabinkamtibmas Polsek Muncar

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi – Bhabinkamtibmas Desa Kedungringin Polsek Muncar Polres Banyuwangi Bripda Fahajrin Haydar Muhammad pada hari Rabu, (27/12) Pukul 10.00 Wib, melaksanakan sambang dan memberikan pembinaan dan penyuluhan (Binluh) kepada para nelayan di Dusun Tratas Desa Kedungringin, Kecamatan Muncar.

Polisi belia yang sangat dekat dengan warga masyarakat di Desa Kedungringin tersebut disambut para nelayan yang pada hari itu sedang tidak melaut. Bripda Fahajrin memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada nelayan, Anak buah kapal (ABK), nahkoda kapal agar tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum saat di laut.

“Hendaknya bapak-bapak tidak melakukan illegal fishing atau mengambil ikan dengan cara melanggar hukum misalnya menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak atau bom ikan, tidak menggunakan pukat harimau. Bagi nahkoda dan ABK kapal agar mempersiapkan kelengkapan surat-surat kelengkapan perorangan dan dokumen kapal, membawa perlengkapan alat keselamatan di dalam kapal,” tutur Bripda Fahajrin menyampaikan himbauan.

001. binuh nelayan.2

Bhabinkamtibmas yang dikenal sangat aktif dalam mengikuti kegiatan bersama warga masyarakat tersebut melanjutkan bahwa penggunaan alat tangkap haruslah sesuai dengan aturan guna meminimalisir terjadinya pelanggaran kapal nelayan di laut.

“Kepada para nelayan, ABK dan nakoda kapal, untuk tidak melakukan aktivitas berlayar maupun mencari ikan disaat cuaca perairan sedang buruk karena hal itu membahayakan keselamatan para nelayan. Yang terpenting dalam melaut hendaknya para bapak-bapak bisa menjaga keselamatan diri sendiri dan rekan kerja guna mengurangi resiko terjadinya laka laut,” tutup Bhabinkamtibmas Desa Kedungringin.

Kapolsek Muncar Polres Banyuwangi Kompol Drs. Toha Choiri., S.H., M.M. menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan dan penyuluhan kepada para nelayan ini, adalah untuk menciptakan stabilitas Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah perairan hukum Polres Banyuwangi, terutama di perairan pelabuhan Muncar yang merupakan pelabuhan rakyat terbesar kedua se Indonesia.

“Pembinaan dan penyuluhan ini juga untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi para nelayan mengenai peraturan perundang-undangan yang berlaku di perairan Indonesia, “ tutup Kapolsek Muncar Kompol Toha Choiri.

Penulis : Setyo B.2812 / Humas Res BWI

Editor : Alfian Nurnas

Publish : Setyo B

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password