Polresta Bandara Soetta Tangkap Pelaku Penipuan Jamaah Umrah

Tribratanews.polri.go.id -Polda Metro Jaya. Polresta Bandara Soetta.
HS (28) diduga menipu 58 orang calon jemaah umrah. Tersangka berhasil menipu para korban dengan memalsukan tiket maskapai dan visa.

“Tersangka awalnya dilaporkan oleh lukmanulhakim selaku Direktur PT. Medina Zein Global Travelindo,” ujar Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta AKBP Akhmad Yusep, Rabu (27/12/2017).

Kapolresta Bandara Soetta menjelaskan, kasus bermula sekitar bulan November 2017 lalu tersangka yang bekerja sebagai manajer di agen travel dan umrah itu mendapatkan tugas Dari pimpinannya untuk membeli 79 tiket bagi rombongan umrah melalui manajer keuangannya, Raisa.

Singkat cerita, tersangka membeli tiket tersebut. Namun belakangan, pada tanggal 22 Desember 2017, terungkap tiket yang digunakan oleh para calon jemaah umroh itu ternyata palsu.

“Salah satu Sakai yang bertugas sebagai handling di Bandara Soekarno-Hatta saat akan mengantar 79 jemaah, mengetahui bahwa ada 58 jemaah tiketnya tidak dapat digunakan untuk berangkat dikarenakan tiketnya diduga palsu,” sambung AKBP Akhmad Yusep

Sementara tiket untuk 21 jemaah lainnya tidak ada permasalah dan saat itu berhasil diterbangkan. Atas kejadian ini, para calon jemaah kemudian komplain kepada pihak tour and travel.

Berawal dari kejadian tersebut, diketahui tersangka sudah menggelapkan sebagian uang kantornya. Selanjutnya Direktur perusahaan melaporkan tersangka ke Polres Bandara Soekarno-Hatta.

“Pelapor selaku Direktur travel mengalami kerugian sejumlah Rp 623.000.000,” ucap Kapolresta

Selanjutnya, tersangka berhasil diamankan pada tanggal 24 Desember 2017 di Jakarta. Saat ini tersangka masih dimintai keterangan oleh Penyidik Polresta Bandara Soekarno-Hatta guna proses lebih lanjut Dan tersangka dijeratan Pasal 263 KUHP dan atau pasal 374 KUHP.

“Saat ini Tersangka telah menjalani Pemeriksaan dan kita tahan,” tegas mantan Wakil Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya.

Penulis: Tim
Editor : Alfian Nur
Publish: Aden

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password