Libur Natal Wilayah Hukum Polres Tanggamus Lampung Aman, Begini Upaya Kepolisian

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Kondisi wilayah hukum Polres Tanggamus yaitu Kabupaten Tanggamus dan Pringsewu selama masa libur Natal 2017 aman, baik dari keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), kecelakaan lalulintas, dan kecelakaan wisata.

Menurut Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik. M.Si dari malam Natal sampai habisnya masa cuti bersama tidak ada laporan gangguan kamtibmas atau kejahatan luar biasa. “Kesimpulannya kondisi daerah selama Natal kondusif baik di Tanggamus dan Pringsewu,” kata AKBP Alfis Suhaili, S.Ik. M.Si, Selasa (26/12/17).

Ia mengaku untuk mencapai hal itu memang sudah dilakukan antisipasi seperti pelaksanaan Operasi Lilin Krakatau 2017. Dalam operasi itu selain mengedepankan pelayanan berupa penjagaan kelancaran beribadah umat Nasrani, ada juga kegiatan intelejen sebagai tindak deteksi dini terhadap ancaman gangguan.

“Dalam menjaga kelancaran misa Natal, kami melakukan di 27 gereja yang ada di Tanggamus dan Pringsewu. Penjagaan juga dibantu TNI, Barisan Serba Guna (Banser) NU dan pihak lainnya,” ujar AKBP Alfis Suhaili.

Misa Natal yang banyak dihadiri jemaat mulai berlangsung sejak Minggu 24 Desember 2017 malam, lalu Senin 25 Desember 2017. Kepolisian menjaga seluruh gereja yang mengadakan misa dengan mengerahkan 400 personel. Dan sampai rangkaian misa selesai di seluruh gereja tidak ada gangguan yang membahayakan umat beragama atau tindak kriminal.

“Untuk kejadian kecelakaan lalulintas juga nihil, ini menandakan ketaatan masyarakat di jalan raya makin baik dan harapannya ini dipertahankan sampai pergantian tahun,” tegasnya.

Selain gangguan kamtibmas, menurut data BPBD Tanggamus juga mengaku untuk kecelakaan wisata selama libur Natal juga tidak ada. “Sampai berakhir masa libur Natal kami tidak menerima laporan kejadian bencana atau musibah yang perlu tindakan kedaruratan,” terang Kabid Kedaruratan dan Logistik, Adi Nugroho.

Diakui selama masa libur Natal memang setiap lokasi wisata banyak dikunjungi masyarakat. Dan umumnya sesuatu yang bersifat massal akan rawan terhadap kecelakaan apakah itu akibat keteledoran manusianya sendiri atau karena kerusakan lingkungan, sarana, prasarana di tempat wisata.

“Kami akan terus siaga untuk penanganan kedaruratan sebab tergabung juga dengan aparat kepolisian dan lainnya dalam Operasi Lilin,” ujarnya.

BPBD Tanggamus mengimbau agar keamanan selama berwisata tetap dijaga oleh masyarakat. Ikuti imbauan dan aturan di tempat wisata manapun. Usahakan berwisata di tempat yang ada pengelolanya agar jika terjadi kecelakaan bisa cepat terlaporkan ke BPBD. (*)

Penulis : Tim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : N.Muslih / Polres Tangamus

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password