Tinjau ASDP Ketapang, Rombongan Tiga Bintang Disuguhi Simulasi Penyelamatan di Lautan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi – Berada di ujung timur Pulau Jawa, Kabupaten Banyuwangi merupakan pintu gerbang penghubung Pulau Jawa dengan Pulau Bali. Akses transportasi dan informasi semakin mudah dihubungkan melalui ASDP Ketapang – Gilimanuk.

Menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, ASDP Ketapang menjadi atensi pengamanan. Pasalnya, Pulau Bali pernah menjadi sasaran terorisme. Tak mau kecolongan, pengamanan ketat dilakukan untuk memutus akses gangguan kerawanan tersebut.

Seperti pada siang ini, Selasa (26/12) Asisten Operasi Mabes Polri Irjen pol M. Iriawan, Kapolda Jawa Timur Irjen pol Drs. Machfud Arifin dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman melakukan kunjungan di ASDP Ketapang Banyuwangi.

WhatsApp Image 2017-12-26 at 19.17.46

“Fokus utama kunjungan adalah perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 yang bersamaan dengan libur panjang sekolah, antisipasi kemacetan dari dan menuju Pulau Bali patut diatensi, berikut kantong parkir yang disiapkan ASDP Ketapang untuk mengurai kemacetan”, ungkap Kapolda Jawa Timur.

Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si. mengatakan Polres Banyuwangi telah menggunakan aplikasi digital untuk pemetaan titik rawan macet di wilayah Kabupaten Banyuwangi, berdasarkan hal tersebut rekayasa arus lalu lintas dapat dilakukan sehingga kemacetan dapat diminimalisir.

Kapolres Banyuwangi menambahkan potensi kerawanan terorisme yang menjadi atensi dapat dicegah dengan menyiagakan personil Sat Brimob Polda Jatim, Tim Gegana berikut anjing pelacak (K9) dan alat penjinak bom yang siap digunakan di ASDP Ketapang.

Lanjutnya, pengamanan dari dan menuju Pulau Bali ditingkatkan, mobil yang akan melintas diperiksa bahkan barang bawaan para penumpang diperiksa menggunakan alat metal detector.

Dalam kunjungannya, rombongan para petinggi Polri tersebut juga disuguhi aksi simulasi penyelamatan penumpang kapal yang jatuh. Menggunakan kapal patroli milik Sat Polair Polres Banyuwangi, rombongan dibawa ke bibir pantai untuk menyaksikan kemahiran Sat Polair yang bersinergi dengan Lanal Banyuwangi dan Basarnas dalam penyelamatan warga.

“Saya apresiasi kemampuan dan kesiapsiagaan Polres Banyuwangi dalam mengawal perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 baik di darat maupun di lautan”, ungkap Irjen pol Drs. Machfud Arifin.

“Saya rasa Polres Banyuwangi berikut personil dan para instansi pendukung mampu mengamankan wilayah hukumnya dari ancaman terorisme dan potensi gangguan lainnya “, imbuhnya.

Penulis   : Rossy Oktavia – Humas Polres Banyuwangi

Editor     : Alfian Nurnas

Publish   : Rossy Oktavia

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password