Gelar Simulasi di Laut, Kapolda Jatim : Polres Banyuwangi Mampu Amankan Selat Bali

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi – Usai melaksanakan pengecekan Pos Pengamanan Digital Operasi Lilin Semeru 2017 di ASDP Ketapang, Asisten Operasi Mabes Polri Irjen pol Drs. Mohamad Iriawan, S.H., M.M., M.H., Kapolda Jawa Timur Irjen pol Drs. Machfud Arifin dan Pangdam V Brawijaya Mayor Jendral TNI Arif Rahman disuguhi simulasi penanganan korban kecelakaan di laut oleh Satuan Polisi Perairan (Sat Polair) Polres Banyuwangi, Selasa (26/12).

Menggunakan Kapal Patroli milik Sat Polair Polres Banyuwangi, rombongan 3 (tiga) jendral tersebut dibawa ke tengah laut untuk menyaksikan langsung simulasi yang dilaksanakan oleh gabungan Sat Polair Polres Banyuwangi, Lanal Banyuwangi, dan Basarnas.

Menjalankan program promoter (professional, modern, terpercaya) simulasi dilakukan untuk meningkatkan kemampuan petugas di lapangan dalam penanganan kecelakaan di laut.

Memiliki garis pantai yang panjang, menjadikan Sat Polair Polres Banyuwangi terus meningkatkan kemampuannya, pasalnya transportasi menggunakan kapal ferry merupakan arus lalu lintas yang padat di perairan Selat Bali, sehingga kecelakaan di laut patut di waspadai.

Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si. mengatakan simulasi yang digelar tersebut dalam rangka mendukung Pengamanan Operasi Lilin Semeru 2017 di Kabupaten Banyuwangi. Meningkatnya arus lalu lintas perairan menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 dan animo masyarakat untuk berlibur di pantai menjadikan Sat Pol Airud Polres Banyuwangi meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

“Mengawal perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, kami turut siagakan personil di sejumlah tempat wisata laut. Bekerja sama dengan Lanal Banyuwangi dan Basarnas, kami meningkatkan patroli laut secara kontinu, kami harapkan arus lalu lintas perairan di Selat Bali berjalan dengan aman dan lancar”, tegas AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si.

Berbagai simulasi dipraktikkan dalam pelatihan ini, simulasi penyelamatan penumpang kapal yang jatuh oleh petugas dari Integrated Rescue Team (IRT) di Pelabuhan Ketapang. Petugas pengamanan perairan yang terdiri dari Sat Polair, Lanal Banyuwangi dan Basarnas ini menyelamatkan dua penumpang yang terjatuh dari kapal, dengan menggunakan dengan armada kapal yang sudah dipersiapkan dalam Operasi Lilin Semeru 2017 ini.

“Simulasi yang dilaksanakan sudah sesuai untuk antisipasi di lapangan. Saya lihat Polres Banyuwangi sudah sangat siap mengawal Operasi Lilin Semeru 2017 ini”, ungkap Irjen pol Drs. Machfud Arifin.

Aksi terorisme menggunakan jalur laut merupakan ancaman serius, diharapkan dengan meningkatkan patroli gangguan kerawanan tersebut dapat diantisipasi.

Usai melaksanakan kunjungan, Irjen pol Machfud Arifin menyimpulkan tingkat kerawanan Kabupaten Banyuwangi cukup tinggi, namun dengan keahlian personil di lapangan Polres Banyuwangi siap mengawal pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 yang aman dan nyaman.

Penulis  : Rossy Oktavia – Humas Polres Banyuwangi

Editor    : Alfian Nurnas

Publish  : Rossy Oktavia

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password