Sinergi Polres Banyuwangi dan Tim Gegana, Ciptakan Misa Natal yang Kondusif

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi – Jelang malam Misa Natal, Tim Gegana dikerahkan untuk sterilisasi gereja di berbagai wilayah di Kabupaten Banyuwangi.

Diantaranya di Gereja Maria Ratu Damai yang ada di jalan Jaksa Agung Suprapto, Tim Gegana Polda Jawa Timur sisir gereja yang merupakan pusat perayaan Natal, Minggu (24/12).

Memiliki jumlah jemaat yang cukup banyak menjadi fokus kepolisian untuk melaksanakan pengamanan ekstra, hal ini dilakukan sebagai antisipasi aksi terorisme dan kejahatan lain yang dapat mengganggu ibadah umat kristiani tersebut.

WhatsApp Image 2017-12-24 at 20.38.05

Penyisiran dilakukan dengan menggunakan metal detector, jemaat yang akan memasuki gereja diperiksa untuk memastikan tidak ada benda yang berbahaya dan mencurigakan, mobil yang parkir di gereja pun tidak luput dari pemeriksaan polisi. Bahkan, di setiap gereja disiagakan anjing pelacak (K9) untuk turut mendeteksi keadaan luar gereja sampai dengan altar tempat beribadah.

Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si. mengatakan, “Fokus utama penyisiran adalah pengamanan gereja dari bahan peledak dan benda berbahaya lainnya”.

“Guna memaksimalkan pengamanan, kami dibantu Tim Gegana Polda Jawa Timur dan Sabhara Polres Banyuwangi bersenjata lengkap beserta anjing pelacak (K9) yang disiagakan untuk memastikan keamanan gereja agar tercipta ibadah jemaat yang aman dan nyaman”, imbuhnya.

Sementara, pengaman di sekitar gereja Polres Banyuwangi menyiapkan personil gabungan TNI, Banser, Linmas dan intansi lainnya untuk turut memback up di setiap gereja, jumlah personil yang disiagakan disesuaikan dengan jumlah jamaah yang hadir.

WhatsApp Image 2017-12-24 at 20.38.06

AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si. menyampaikan Tim Gegana Polda Jawa Timur juga menyiagakan alat penjinak bom yang selalu siap dioperasikan jika ada ancaman teror.

Pucuk pimpinan Polres Banyuwangi tersebut berpesan agar para personil keamanan selalu sigap, tanggap dan waspada dalam melaksanakan pengamanan jelang Misa Natal agar ibadah jemaat dapat berjalan dengan aman, lancar dan khidmat.

Penulis  : Rossy Oktavia – Humas Polres Banyuwangi

Editor   : Alfian Nurnas

Publish : Rossy Oktavia

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password