Pastikan Kalsel Aman dan Kondusif, Kapolda Kalsel Tinjau Gereja dan Posko Pengamanan Natal Dan Tahun Baru

Tribratanews.polri.go.id- Menjelang perayaan Hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) selain melaksanakan sterilisasi dan pengecekan gereja yang ada di Kota Banjarmasin. Juga melakukan pengecekan Posko Terpadu.

Bahkan Kapolda Kalsel Brogjen Pol Rachmat Mulyana, didampingi Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya, serta dari beberapa anggota Forkompimda Kalsel serta Pejabat Utama Polda Kalsel meninjau langsung kesiapan personel pengaman Natal di beberapa gereja yang ada di Kota Banjarmasin, yakni Gereja Katedral, Gereja Kudus  juga Posko Pengamanan Natal di Duta Mall Jalan A Yani km 2, Posindo Jalan Lambung Mangkurat serta Jembatan Merdeka.

Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat kepada awak media, mengatakan bahwa pihaknya menjamin Kalsel aman dan kondusif pada perayaan Natal tahun ini.  Pihaknya sudah melakukan sterilisasi gereja dan tempat strategis lainnya dengan menempatkan petugas kemanan.

 

“Kalsel adalah daerah yang kondusif, diharapkan pada perayaan Natal bagi umat Kristiani di Kalsel berlangsung aman dan lancar. Personel sudah kami siapkan sampai di tingkat bawah,  mari sama-sama kita pelihara situasi yang aman ini,” terang Kapolda Kalsel.

Sterilisasi Gereja

Sebelumnya, Sabtu (23/12/2017), giat sterilisasi Gereja di wilayah hukum Polresta Banjarmasin juga dolakukan Sat Brimob Polda Kalsel yang tergabung dalam Satgas Ops Lilin Intan 2017 ini guna memberikan rasa aman kepada masyarakat yang ingin melaksanakan Ibadah Natal di Gereja.

Selain itu Polda Kalsel juga memantau posko yang lokasinya dekat pusat keramaian seperti Duta Mall, untuk memastikan kesipan petugas sebagai persiapan pengamanan menjelang Natal dan Tahun Baru.

Sterilisasi gereje juga sudah dilakukan, dengan menggunakan metal detector dan mirror, petugas dengan teliti menyusuri tiap-tiap sudut Gereja untuk mengecek apakah ada benda mencurigakan atau tidak. Kadang Polisi juga menggunakan anjing pelacak untuk membantu tugasnya.

“Giat sterilisasi hari ini hanya kami lakukan di 2 (dua) Gereja di wilayah hukum Polresta Banjarmasin saja yakni Gereja GPDI Veteran dan Gereja GKKAI Veteran Banjarmasin. Gereja lain pasti akan mendapat gilirannya,” ucap Dansat Brimob Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M., diwakili Kanit Jibom Den Gegana Sat Brimob Polda Kalimantan Selatan Iptu Sunardi, S.AP.

Iptu Sunardi, S.AP. menambahkan, sterilisasi dilakukan agar Umat Nasrani merasa aman dan nyaman saat melakukan ibadah. “Agar Umat Nasrani tidak terganggu dengan aksi teror dan ancaman lainnya,” pungkasnya.

Sterilisasi juga melibatkan pasukan Penjinak Bom (Jibom) Gegana Polda Kalsel. Sterilisasi dilakukan dengan perlengkapan detektor dan mobil jibom. “Kami lakukan penyisiran untuk mengantisipasi kejadian yang tidak kita harapkan dan mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi umat yang akan melaksanakan ibadah,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya melakukan deteksi logam dan pasukan jibom yang diturunkan untuk melakukan sterilisasi lanjutan bila dibutuhkan.

Polresta Banjarmasin dan Polsek jajaran juga telah melakukan penebalan kawasan dalam pengamanan libur panjang sekaligus mengatur jalur serta kegiatan keagamaan.

Semuanya itu untuk memastikan, perayaan Natal Tahun 2017 dalam keadaan aman dan kondusif, sehingga umat Kristiani bisa khidmat dalam melaksanakan Ibadah. Dilain sisi, kondusifitas di Wilayah Kalsel saat Hari Raya Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru 2018 tetap terjaga.

Penulis  : Yudha

Editor   : Alfian

Publish : Hamsan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password