Begini Kekompakan Dandim dan Kapolres Sidrap Mengontrol Pos Operasi Lilin

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Pemandangan menarik terlihat saat Dandim 1420 dan Kapolres Sidrap Mengontrol Posko Pelayanan dan Pengamanan Operasi lilin 2017 yang ada di Wilayah Kabupaten Sidrap, Sabtu (23/12/17).

Dandim dan Kapolres terlihat kompak berboncengan kendaraan roda dua saat mengontrol dan mengecek kesiapan personilnya mengamankan baik aktifitas maupun arus lalu lintas jelang perayaan natal dan tahun baru.

Pengecekan diawali ke Pos Pangkajene dilanjutkan ke Pos Lawawoi dan berakhir di pos Rappang, dalam kunjungannya Kapolres Sidrap AKBP Ade Indrawan beserta unsur Forkopimda lainnya ingin melihat secara langsung kesiapan personilnya maupun sarana dan prasarana dalam mengamankan kegiatan akhir tahun tersebut.

“Biar lebih cepat dan efisien kita kompak naik sepeda motor dan sengaja kami terjun langsung agar kami tau secara langsung kondisi pos – pos yang ada,” ujar Ade

Dari pantauan, seluruh pos telah beroperasi dengan baik dan personil bertugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Kehadiran personil sangat diharapkan oleh masyarakat, mengingat volume aktifitas warga jelang Natal dan tahun baru sangat meningkat, hal ini juga berguna menekan angka kriminalitas jelang akhir tahun,” tutupnya.

Implementasi sinergitas TNI dan Polri merupakan amanah dari undang-undang untuk menyelenggarakan usaha pertahanan dan keamanan Negara. Tidak hanya itu, TNI dan Polri juga dituntut kompak untuk menyelesaikan masalah yang terjadi wilayahnya secara bersama-sama.

Beberapa permasalahan sering kali terjadi di lapangan dalam sinergitas antara TNI dan Polri. Bahkan dapat mempengaruhi profesionalisme dalam memantapkan stabilitas keamanan nasional. Dalam perspektif tujuan nasional, keberhasilan penyelenggaraan pembangunan nasional sangat lekat hubungannya dengan stabilitas keamanan nasional.

Sedangkan inti dari stabilitas keamanan nasional adalah profesionalisme TNI dan Polri dalam melaksanakan tugas pertahanan negara dan keamanan negara.

Dalam hal ini, sinergitas berupa kesatuan persepsi, keterpaduan, sinkronisasi dan harmonisasi dalam pembangunan ker-jasama antar institusi TNI dan Polri untuk meningkatkan profesionalisme, merupakan dasar mantapnya stabilitas keamanan nasional.

Peningkatan profesionalisme melalui implementasi sinergitas TNI dan Polri untuk memantapkan stabilitas keamanan nasional akan memberikan konstri-busi dalam keterpaduan pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan perannya, terutama dalam penyelenggaraan operasional di satuan bawah secara detil.

Perlunya meningkatkan silaturahmi bersama antara TNI dan Polri sebagai upaya di dalam mewujudkan sinergitas agar terjalin komunikasi yang baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dengan tetap mengedepankan etika dan budaya, sehingga suasana kekeluargaan sebagai aparatur negara di wilayah bisa terjaga dengan baik.

Penulis : Harmeno

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password