Operasi Lilin 2017 di Tolitoli : Ini Kesiapan Polisi Jelang Natal dan Tahun Baru

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng, Tolitoli. Berbagai upaya dilakukan Polres Tolitoli untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam merayakan Natal dan Tahun Baru 2018, mulai dari melakukan Operasi Pekat, dan Operasi Lilin.

Operasi Lilin telah dimulai sejak Kamis, (21/12/2017) dengan melibatkan 135 personil dari Polres Tolitoli untuk melakukan perngamanan, tak hanya itu, personil lain dari Polres Tolitoli juga dikerahkan pada saat pelaksanaan Natal dan Tahun Baru, termasuk Polsek Jajaran.

db75ac51-7d06-4016-8376-341bd569325f (1)

Tahun ini, Polres Tolitoli membuat 3 Pos Pengamanan dan 10 Pos Pelayanan.

Pos Pengamanan dan Pelayanan ditempatkan di dekat pusat keramaian yang ada di Tolitoli, tujuan utamanya adalah mencegah terjadinya macet dan tindak kejahatan, mengingat kegiatan – kegiatan masyarakat akan berpusat di beberapa tempat.

Mulai dari Pos terluar dari wilayah Tolitoli, Pos Pelayanan Sony, ditempatkan di dekat Pasar Sony. Ditempatkan di sana karena di kecamatan Dampal Selatan merupakan titik lelah bagi pengendara yang mudik dari arah Ibu Kota Sulteng, Palu, menuju Tolitoli. Dan masyarakat bisa memanfaatkannya untuk istirahat.

Pos Pelayanan Kayulompa, ditempatkan di kecamatan Basidondo, yang diutamakan menjaga jalur “Pasir Putih” yang memiliki tingkat kerawanan tinggi terhadap kecelakaan, karena kondisi jalan yang curam dan berkelok.

Kemudian di dalam kota Tolitoli, Pos Pelayanan Tambun, ditempatkan di depan terminal Tambun, yang merupakan pintu masuk ke dalam wilayah kota Tolitoli, mereka memeriksa kendaraan dan orang yang akan masuk ke Tolitoli, agar tidak ada yang membawa minuman keras, senjata tajam, bahan peledak, hingga narkoba.

Pos Pam Bumi Harapan, ditempatkan di dekat Pasar Tradisional Bumi Harapan.

Pos Pam Malosong, Ditempatkan di dekat Pusat Perbelanjaan Plaza.

Pos Pam Taman Kota, ditempatkan di Taman Kota Tolitoli yang merupakan salah satu titik berkumpulnya masyarakat pada saat perayaan Tahun Baru.

Pos Pelayanan Sandana, di tempatkan di depan Pasar Tradisional Sandana, kecamatan Galang.

Selanjutnya Pos Yan Malala, Pos Yan Ogotua, Pos Yan Lakuan, Pos Yan Lampasio, Pos Yan Ogodeide, dan Pos Yan Dakopamean diletakkan di wilayah Polsek masing – masing untuk meningkatkan pengawasan dan pengamanan.

Kesemua Pos itu ditempatkan di tempat rawan terjadinya kejahatan, kemacetan, dan kecelakaan lalu lintas, agar Polisi dapat mengantisipasi, hingga terwujudnya perayaan Natal dan Tahun Baru yang Kondusif di wilayah hukum Kabupaten Tolitoli.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password