Makin Kompak, Kapolres Soppeng dan Dandim Terjun Langsung Perbaiki Tanggul yang Jebol

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolres Soppeng AKBP Dedy Dewantho bersama Dandim 1423 Soppeng Letkol Arm Fajar Catur Prasetyo turun langsung membantu warga memperbaiki tanggul jebol akibat banjir di Dusun Bakke Desa Ganra Kec. Ganra Soppeng, Jumat (22/12/17).

Kegiatan tersebut melibatkan personil Polsek ganra dan Koramil Ganra yang dikordinir langsung oleh Kapolres Soppeng bersama Dandim.

Turut serta Kadis PU, dan Kepala BNPD, para tokoh masyarakat, Kadus, dan Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Perbaikan tanggul yang jebol menggunakan bambu dan tanah timbunan dalam karung untuk mengurangi efek gerusan air sungai yang meluap akibat curah hujan yang tinggi.

Implementasi sinergitas TNI dan Polri merupakan amanah dari undang-undang untuk menyelenggarakan usaha pertahanan dan keamanan Negara. Tidak hanya itu, TNI dan Polri juga dituntut kompak untuk menyelesaikan masalah yang terjadi wilayahnya secara bersama-sama.

Beberapa permasalahan sering kali terjadi di lapangan dalam sinergitas antara TNI dan Polri. Bahkan dapat mempengaruhi profesionalisme dalam memantapkan stabilitas keamanan nasional. Dalam perspektif tujuan nasional, keberhasilan penyelenggaraan pembangunan nasional sangat lekat hubungannya dengan stabilitas keamanan nasional.

Sedangkan inti dari stabilitas keamanan nasional adalah profesionalisme TNI dan Polri dalam melaksanakan tugas pertahanan negara dan keamanan negara.

Dalam hal ini, sinergitas berupa kesatuan persepsi, keterpaduan, sinkronisasi dan harmonisasi dalam pembangunan ker-jasama antar institusi TNI dan Polri untuk meningkatkan profesionalisme, merupakan dasar mantapnya stabilitas keamanan nasional.

Peningkatan profesionalisme melalui implementasi sinergitas TNI dan Polri untuk memantapkan stabilitas keamanan nasional akan memberikan konstri-busi dalam keterpaduan pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan perannya, terutama dalam penyelenggaraan operasional di satuan bawah secara detil.

Perlunya meningkatkan silaturahmi bersama antara TNI dan Polri sebagai upaya di dalam mewujudkan sinergitas agar terjalin komunikasi yang baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dengan tetap mengedepankan etika dan budaya, sehingga suasana kekeluargaan sebagai aparatur negara di wilayah bisa terjaga dengan baik.

Penulis : Marwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password