Kerjasama Yang Baik Antara Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Kapuas Hulu dan Kepolisian, Intip Apa Yang Mereka Lakukan

Tribaratanews.polri.go.id, Polda Kalbar Polres Kapuas Hulu – Pukul 01.00 wib dini hari tadi, Tim Terpadu Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Kapuas Hulu dan Kepolisian telah berkumpul di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu Jalan D.I. Panjaitan Putussibau.

Apa yang mereka lakukan pada pukul satu dini hari tersebut. Mari kita simak berikut ini.

Setelah Kami konfirmasi ke Bhabinkamtibmas Kelurahan Putussibau Kota BRIPTU Suprayogo pagi tadi usai melaksanakan Upacara Gelar Pasukan Pengamanan Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, rupa – rupanya Suprayogo yang tergabung dalam Tim Terpadu Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Kapuas Hulu dan Kepolisian melaksanakan kegiatan Pengawasan dan Penyelamatan Sapi Betina Produktif di Kabupaten Kapuas Hulu.

“tadi malam sekitar pukul 01.30 wib, Kami tang tergabung dalam Tim Terpadu Tim Terpadu Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Kapuas Hulu dan Kepolisian melakukan pengecekan ke tempat – tempat pemotongan sapi dalam rangka Pengawasan dan Penyelamatan Sapi Betina Produktif di Kabupaten Kapuas Hulu” ungkap BRIPTU Suprayogo, dilapangan Mapolres Kapuas Hulu, Kamis (21/12/17).

Ditemui saat melakukan pengecekan sembako bersama Kapolres Kapuas Hulu, Kapolsek Putussibau Utara IPTU Salmansyah membenarkan adanya kegiatan tersebut. Salman menguraikan berdasarkan Laporan hasil kegiatan yang dilaksanakan anggotanya kegiatan Tim terpadu dilakukan di empat tempat pemotongan hewan, namun hanya dua tempat saja yang pada saat dilakukan pengawasan melakukan aktifitas pemotongan sapi.

“berdasarkan laporan kegiatan semalam, Kabid Perternakan bu Maryatiningsih, ‎Kasi Keswan dan Kesmavet bu Agustina Sri Rahayu beserta 3 orang stafnya, sedangkan dari Kepolisian anggota saya BRIPTU Suprayogo dan anggota Polsek Putussibau Selatan BRIGADIR Susanto mereka mengecek di empat tempat, namun hanya dua saja yang melakukan penyembelihan sapi“ jelas Salman, Kamis (21/12/17).

Kegiatan yang dilaksanakan Tim dalam rangka mendukung Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) guna percepatan peningkatan populasi Sapi di Kab. Kapuas Hulu, tambahnya.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan melakukan pengecekan kondisi dan jenis kelamin sapi di tempat penyembelihan sapi untuk mencegah terjadinya penyembelihan sapi betina produktif, Kami juga sampaikan himbauan kepada pelaku usaha.

Dari penjelasan Suprayogo, Tim telah mendatangi tempat penjagalan sapi, antara lain milik Sdr. Habib Jl. Pancasila No. 10 Kel. Putussibau Kota, Sdri. Sri Jl. Pasar Inpres (Bundara Tugu KB) Kel. Putussibau Kota, Sdr. Sopiansyah Jl. Tanjung Pura Kel. Kedamin Hulu, Sdr. Marlan Jl. Rahadi Usman Kel. Putussibau Kota, dengan hasil hanya di tempat Sdr. Sopiansyah dan Sdr. Marlan yang ada kegiatan penyembelihan sapi, setelah dilakukan pengecekan terhadap kondisi dan jenis kelamin sapi, didapati hasil sapi tersebut bukan sapi betina yang produktif.

Kegiatan selesai pukul 04.00 wib, Alhamdulilah tidak ada temuan, ini cukup membuktikan bahwa mereka telah menyadari pentinganya menjaga kuantitas sapi betina produktif, Saya menyampaikan himbauan agar tidak memotong sapi betina yang masih produktif, agar jumlah sapi di Kabupaten Kapuas Hulu tetap pada bats normal, bisa kita bayangkan bila semua sapi betina dipotong, kesadaran dari semua pihak sangat berperan aktif disini, pungkas Suprayogo.

Penulis : Harris Jum’anianda
Editor : Alfian N/Nanang Purnomo
Publish : Dhean

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password