Kapolda Bali Hadiri Rapat Status Gunung Agung dan Dampak Terhadap Sektor Pariwisata

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali – Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus R. Golose menghadiri rapat tentang laporan status Gunung Agung dan dampaknya terhadap sektor Pariwisata di Bali, rapat dipimpin oleh Menko Maritim Jenderal TNI (HOR) Purn. Luhut Binsar Panjaitan, bertempat di Gedung Keuangan Negara Denpasar, Jumat 22/12.

Rapat juga dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Komaruddin Simanjuntak, beserta instansi terkait lainnya.

Rapat tersebut membahas tentang update perkembangan Gunung Agung dan dampak yang ditimbulkan terhadap sektor Pariwisata di Bali.

Pada kesempatan itu Menko Maritim menyampaikan agar dibuat simulasi dengan super komputer tentang dampak terjelek apabila Gunung Agung meledak. dan bagaimana cara penanggulangannya.

“Saya juga sudah menginformasikan kepada Duta-duta Besar di luar tentang perkembangan erupsi gunung agung terutama Negara yang pariwisatanya banyak ke Bali, agar kembali berwisata ke Bali.” ujarnya

Selanjutnya Arahan dari Mentri Keuangan Sri Mulyani yang mengatakan dalam kegiatan ini kita harus saling berkoordinasi dengan kegiatan-kegiatan International ke depan terkait efek dari pada dampak erupsi Gunung Agung.

“Untuk situasi tanggap darurat pada saat kegiatan Annual Meeting panitia nasional harus tanggap dan memberikan update perkembangan jangan baru ada informasi erupsi Gunung Agung semua kegiatan berhenti.” tegasnya.

Dilanjutkan dengan penjelasan dan penyampaian dari Kepala BMKG wilayah III Denpasar Kasbani yang menyampaikan tentang aktifitas Gunung Agung yang mana radius yang terkena abu vulkanik tergantung pada arah mata angin, simulasi yang dipaparkan mengenai efek abu vulkanik yang ada di darat dan lahar akan mengikuti lembah-lembah.

“Jarak yang dinyatakan rawan terkena bencana adalah sampai Radius 8KM sampai dengan 10KM.” ujarnya.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan Pos Pantau yang berada di Desa Rendang, Karangasem.

Penulis  : Agra

Editor    : Swanjaya

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password