Makin Dekat dengan Warga, Bhabinkamtibmas Polsek Kajang Melayat Warganya Hingga Kuburkan Jenazah

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kedekatan anggota Polsek Kajang, Polres Bulukumba dengan warganya memang sudah tidak diragukan lagi, seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Bripka Andi Alim Suyono yang ikut mengangkat jenazah warganya ke pemakaman di Desa Tanahjaya, Lingkungan daloba Kabupaten Bulukumba, Kamis (21/12/17).

Bripka Andi Alim Suyono yang sudah lama berdinas di Polsek Kajang ini membuat warga menjadi tidak asing lagi, kehadiranya di tengah tengah warga selalu disambut baik dan tidak lupa pula selalu menghimbau dan memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat binaannya.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud kedekatan Polri di masyarakat, bahwa dinas di Polsek harus bisa mengenal dan merangkul warga, jangan cuma diam dikantor, lakukan pendekatan untuk menjalin mitra dan menggali informasi.

“Semoga ini bisa menjadi jembatan penghubung antara Polisi dan masyarakat, semoga semakin dekat dan tidak ada jarak lagi.” Ucap  Bripka Andi Alim Suyono yang ikut menghadiri prosesi pemakaman tersebut.

Pihak dari Keluarga Almarhum merasa lega karena ada petugas dari Polsek yang turut serta membantu pemakaman.

“Saya sama sekali tidak menyangka pak polisi hadir dipemakaman keluarga saya, ini merupakan suatu kehormatan bagi saya,” tutur salah salah satu keluarga almarhum.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan Polisi akan semakin dekat dengan masyarakat dan di cintai masyarakat guna mewujudkan situasi aman dan tenteram.

Kepedulian yang diperlihatkan Brigpol Marsugianto merupakan bukti empati Polri kepada masyarakat sekaligus membuktikan keimanan seorang muslim, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ’anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barangsiapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allah akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barangsiapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allâh menutupi (aib)nya pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban)

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang maknanya), “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat.”

Karena balasan itu sesuai dengan jenis perbuatan. Hadits-hadits tentang masalah ini banyak sekali, misalnya sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Sesungguhnya Allah menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan lainnya dari Usamah bin Zaid Radhiyallahu anhu).

Seorang Muslim hendaknya berupaya untuk membantu Muslim lainnya. Membantu bisa dengan ilmu, harta, bimbingan, nasehat, saran yang baik, dengan tenaga dan lainnya.

Seorang Muslim hendaknya berupaya menghilangkan kesulitan atau penderitaan Muslim lainnya. Bila seorang Muslim membantu Muslim lainnya dengan ikhlas, maka Allah Azza wa Jalla akan memberikan balasan terbaik yaitu dilepaskan dari kesulitan terbesar dan terberat yaitu kesulitan pada hari Kiamat.

Oleh karena itu, seorang Muslim mestinya tidak bosan membantu sesama Muslim. Semoga Allah Azza wa Jalla akan menghilangkan kesulitan kita pada hari Kiamat.

Penulis : Rosdiana

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password