Peringatan Hari Ibu Ke 89, Polisi Wanita Wujudkan Perempuan Pemberdaya, Indonesia Jaya.

DSC04871 (2)

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Kepolisian Resor Way Kanan menggelar upacara peringatan Hari Ibu yang jatuh pada jum’at, (22/12) hari ini, dimana seluruh petugas upacara pun semuanya adalah Polisi Wanita (Polwan).

Kegiatan dihadiri Kapolres Way Kanan AKBP Doni Wahyudi, S.Ik, pejabat utama, Kapolsek jajaran dan anggota Polres Way Kanan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka Peringatan Hari Ibu Ke – 89 tahun 2017 ini mengusung tema “Perempuan Pemberdaya, Indonesia Jaya”.

DSC04809 (3)

Selaku Inspektur Upacara (Irup), AKBP Doni Wahyudi, SH, membacakan amanat Menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Republik Indonesia Yohana Yambise bahwa peringatan hari Ibu setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, yang telah berjuang bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan indonesia yang aman, tentram, damai, adil dan makmur sebagaimana dideklarasikan pertama kali dalam kongres perempuan Indonesia pada tanggal 22 desember 1928 di yogyakarta.

DSC04831 (2)

Peristiwa ini sekaligus sebagai tonggak sejarah bagi bangsa indonesia dan diperingati setiap tahunnya, baik di dalam dan luar negeri. Komitmen pemerintah juga dibuktikan dengan diterbitkannya keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 316 tahun 1959, yang menetapkan bahwa tanggal 22 Desember sebagai hari Ibu sekaligus hari nasional bukan hari libur

Momentum hari ibu juga dijadikan sebagai refleksi dan renungan bagi kita semua, tentang berbagai upaya yang telah dilakukan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pembangunan. perjalanan panjang selama 89 tahun, telah mengantarkan berbagai keberhasilan bagi kaum perempuan dan kaum laki-laki dalam menghadapi berbagai tantangan global dan multidimensi, khususnya perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender di indonesia.

DSC04845 (2)

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres menambahkan, dengan adanya peringatan hari ibu , karena Polwan sejatinya adalah seorang Ibu kata dia, terbukti adanya, perhatian, pengakuan terhadap eksistensi perempuan dalam berbagai sektor kehidupan, dengan tujuan meningkatkan akses ekonomi bagi perempuan menuju perempuan mandiri, sejahtera dan bebas dari kekerasan.

Peningkatan ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang kuat dalam berbagai bidang (kesehatan, ekonomi, pendidikan, kehidupan keluarga, kehidupan bermasyarakat dan kuat dalam menyikapi perbedaan budaya,” kata Kapolres Way Kanan.

Penulis  : Adi Pranoto / Polres Way kanan

Editor    : Alfian Nur

Publish  : Oto adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password