Pantau Situasi Kamtibmas, Kapolda Sulsel Kunjungi Keuskupan Agung Makassar

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono bersilaturahmi di Keuskupan Agung Makassar jalan Thamrin Makassar, Kamis (21/12/17) malam.

Turut hadir Irwasda Polda Sulsel Kombes Pol Lukas Arry Dwiko Utomo, Kabid Humas Kombes Pol Dicky Sondani , Dir Intel Kombes Pol Tjatur Abrianto, Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Anwar Efendi, Wakapolrestabes Makassar AKBP C.F Hotman Sirait SIK, Kapolsek Ujung Pandang Kompol Wahyu Basuki SIK dan Kanit Intelkam Polsek ujung Pandang Ipda Sugianto.

Uskup Agung Makassar Mgr. Johannes Liku Ada menyambut hangat kedatangan Kapolda Sulsel beserta rombongan sekaligus mengucapkan terima kasih atas pelayanan kepolisian pada setiap ibadah dan perayaan hari-hari besar umat Katolik seperti Hari Natal dan Paskah serta ibadah malam pergantian tahun.

Sementara itu, Kapolda Sulsel mengatakan kegiatan ini adalah bagian dari Operasi Lilin dalam rangka silaturahmi menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2018, “Juga untuk melihat kesiapan kami dan jajaran untuk mengamankan kegiatan Natal dan tahun baru mendatang,” ucap Umar.

Usai kegiatan, dihadapan wartawan Irjen Pol Umar Septono mengajak semua lapisan masyarakat agar turut berkontribusi langsung dalam menjaga situasi kamtibmas khususnya Sulawesi Selatan agar tetap kondusif.

Operasi dengan sandi Lilin 2017, yang berlangsung selama 10 hari, mulai tanggal 22 Desember 2017 hingga 2 Januari 2018.

Beberapa sasaran pengamanan diantaranya adalah terorisme, keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas, karena ada arus mudik dan arus balik yang diperkirakan nantinya.

Selain itu, masalah persediaan pangan, karena ada kerawanan peningkatan konsumsi sehingga akhirnya ada penimbunan. Pelanggaran-pelanggaran hukum penimbunan dapat mengakibatkan naiknya harga-harga barang.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian saat memberi amanat pada apel Operasi Lilin 2017 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat kemarin menyampaikan sejumlah atensi yang harus dijalankan oleh seluruh anggotanya saat menjalankan Operasi Lilin.

Yang pertama adalah terkait terorisme. Tito meminta jajarannya tetap waspada meskipun upaya penegakan hukum terhadap orang-orang yang dicurigai terlibat terorisme telah dilakukan.

Ia menambahkan, Polri juga meminta seluruh anggota untuk mengawal arus mudik dan balik saat libur panjang Natal dan Tahun 2018. Mantan Kapolda Metro Jaya ini juga meminta seluruh anggota Polantas agar mencegah terjadi kemacetan dan penumpukan kendaraan di beberapa titik rawan macet.

Kemudian, Tito mengatakan dalam operasi ini, pihaknya juga memfokuskan pengawasan stabilitas harga bahan pangan. Jadi, harga bahan pokok menjelang pergantian tahun tidak melonjak.

Yang terakhir, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1987 ini menekankan seluruh anggotanya untuk mencegah aksi sweeping saat malam Natal dan pegantian tahun, baik di tempat ibadah maupun di tempat hiburan malam.

Penulis : Marwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password