Setelah Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan, Operasi Lilin Matoa 2017 Resmi Digelar di Biak

Tribratanews.polri.go.id, Papua Polres Biak – Operasi lilin matoa 2017 sudah resmi di gelar di Wilayah Kabupaten Biak Numfor hingga tanggal 3 Januari 2018 mendatang. Hal itu ditandai dengan dilakukannya apel gelar pasukan di Lapangan Apel Taruna Bhayangkara Polres Biak Numfor yang dipimpin oleh Kapolres Biak Numfor AKBP Rachmad Amsori. SIK, Kamis (21/12/2017).

Pada apel gelar pasukan tersebut juga dihadiri oleh Dandim 1708 BN, Danyon Paskhas 468 Sarotama, tokoh agama, dan peserta apel datang dari sejumlah anggota gabungan TNI/Polri, Basarnas, Perhubungan, Pelni, Angkasa Pura I Biak, Senkom, Pol PP, juga anggota Pramuka, dengan total mencapai sekitar 200 personil.

IMG-20171221-WA0082

Kapolres Biak Numfor AKBP Rachmad Amsori, SIK usai membacakan membacakan amanat Kapolri pada Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Matoa 2017, menghimbau kepada personil yang terlibat operasi untuk melakukan siaga dan pengawasan pada tempat-tempat yang dianggap berpotensi rawan, seperti pusat perbelanjaan antara lain di pasar dan supermarket. Selain itu, tempat lain yang dipandang berpotensi adalah kawasan pelabuhan laut Biak, Bandara Frans Kaisiepo, dan Pelabuhan Mokmer. Saat ini eskalasi penumpang mudik ke Biak kata Kapolres cukup meningkat sangat tajam.

Untuk pelaksanaan ibadah di Gereja-gereja yang ada di Kabupaten Biak Numfor, Kapolres mengatakan akan mengerahkan anggota keamanan dan seluruh anggota gabungan operasi Lilin ini untuk membackup di tempat-tempat ibadah yang merayakan natal.
“Kemungkinan tetap ada (potensi kerawanan, red), setiap Gereja pada malam natal dan perayaan natal akan kita amankan dan disterilisasi oleh Brimob, setelah itu diamankan oleh minimal dua personil, kecuali gereja dengan jemaatnya banyak, mungkin akan lebih banyak dilibatkan personil, ”ungkap Kapolres.

IMG-20171221-WA0083

Diakui Kapolres, saat ini di Biak memang mengalami peningkatan eskalasi pemudik di Biak. Rata-rata memang warga Biak pada pulang kampung untuk merayakan natal bersama keluarga mereka yang ada di Biak. Sedangkan untuk angka kriminal sampai saat ini di tahun 2017, jika dibandingkan dengan tahun lalu mengalami penurunan hingga 49%, termasuk dengan laka lantas semakin menurun termasuk dengan kerugian jumlah materiil dan korban jiwa.

Kapolres berharap agar di perayaan Natal dan tahun baru ini aktivitas masyarakat bisa berjalan dengan aman dan lancar. (*)

Penulis : Ruslan
Editor : Alfian Nur
Publish : Ruslan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password