Kapolres Inhil Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Siak – 2017

Tribratanews.polri.go.id – Polres Indragiri hilirKepolisian Resor Indragiri hilir melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Siak – 2017 dalam rangka pengamanan Natal 2017 dan Tahun 2018 di lapangan Gajah Mada Tembilahan, Jl. Gajah Mada, Tembilahan, Kab. Inhil, Kamis (21/12/2017).

Dalam pelaksanaan apel tersebut, Kapolres Indragiri hilir AKBP Christian Rony Putra, SIK, M.H bertindak sebagai pimpinan apel. Sementara Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Inhil IPDA Ismail bertindak sebagai Komandan apel. Sedangkan Kasat Lantas AKP Jusli, S.H bertindak sebagai Perwira apel.

Apel gelar pasukan ini turut dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Indragiri hilir, Para pimpinan SKPD dan Instansi Vertikal serta para undangan lainnya. Apel gelar pasukan tersebut turut dihadiri personel Kodim 0314/Inhil, Polres Inhil, Dishub, Satpol PP, KPLP Tembilahan, Bea Cukai, Pemadam Kebakaran, BPBD Kab. Inhil, Kesyabandaran otoritas pelabuhan dan kesehatan pelabuhan.

Kapolres Indragiri hilir AKBP Christian Rony Putra, SIK, M.H membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. M. Tito Karnavian, M.A, Ph.D yang mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir kesiapan dalam melaksanakan operasi Lilin 2017 dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2017 dan Tahun baru 2018, baik pada aspek personel, sarana prasarana, anggaran serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra kamtibmas lainnya.Menurut Kapolri yang perlu dicermati adalah perkembangan dunia global saat ini masih diwarnai dengan aksi teror, yang berlangsung di beberapa tempat. Berbagai kejadian itu juga disertai dengan perlambatan ekonomi dunia, yang langsung atau tidak langsung berimplikasi terhadap keamanan dalam negeri. Hal tersebut berlangsung ditengah suasana peningkatan suhu politik akibat pelaksanaan Pilkada serentak 2018 dan menjadi tantangan tugas bagi Polri dan seluruh elemen terkait, khususnya dalam menjaga dan mengamankan pelaksanaan ibadah Natal 2017 dan pergantian Tahun 2018.

Kapolri menilai ahwa peningkatan aktifitas masyarakat juga harus diantisipasi dengan baik oleh aparat keamanan. Untuk Polri menggelar Operasi Lilin 2017, selama 10 hari terhitung sejak tanggal 23 Desember 2017 sampai dengan 01 Januari 2018 dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelijen serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Secara keseluruhan Polri mengerahkan 90.058 personel Polri, dibantu 20.070 personel TNI, serta 60.177 personel gabungan dari Sat Pol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka dan Jasa Raharja. Para Personel tersebut akan ditempatkan pada 2.657 Pos Pengamanan dan 933 Pos Pelayanan.Penulis : Rio Fernando Sinaga
Editor : Alvian Nur
Publish : Rio Fernando Sinaga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password