FGD, Membangun Daya Cegah dan Tangkal Warga Terhadap Kejahatan, Terorisme, Radikalisme, Narkoba dan Ideologi Anti Pancasila

87903e81-a860-4342-8a30-ce9f764ff086Tribratanews.polres.go.id – Polres Kediri Kota – Mensikapi perkembangan situasi Kamtibmas serta perubahan situasi dan kondisi saat ini khususnya di wilayah hukum Polres Kediri Kota, Satuan Binmas melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD), Selasa (17/1).

Tema FGD yakni  “Membangun daya cegah dan tangkal warga terhadap kejahatan, terorisme, radikalisme, Narkoba dan ideologi anti Pancasila”. Hal ini sebagai tindak lanjut dari kebijakan Kapolri PROMOTER khususnya Program membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas.

4d2e0ddb-6de1-4dd6-a27b-04626ab77a01Selain itu FGD yang diikuti oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, para pengusaha di wilayah hukum Polres Kediri Kota. Kegiatan ini  merupakan upaya preventif terhadap upaya disintegrasi bangsa, serta mencegah berkembangnya ideologi anti Pancasila di wilayah Kediri.

Kegiatan FGD dibuka oleh Kabag Ops Polres Kediri Kota Kompol I Ketut Mudita mewakili Kapolres Kediri Kota AKBP Wibowo, S.IK.

92b98f9b-9a30-4451-928b-41d4ec5707deDalam sambutannya Kompol I Ketut Mudita menyampaikan pentingnya kegiatan FGD ini sebagai upaya antisipasi muncul terorisme, radikalisme, separatisme dan ideologi anti Pancasila yang semakin marak terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

Sebab saat ini banyak nya ormas yang tidak mau menjadikan Pancasila sebagai dasar ideologi, disamping maraknya penyebaran berita berita di medsos yang dapat menimbulkan perpecahan bahkan menyulut kebencian antar kelompok bahkan antar agama.

“Hanya satu untuk menghadapi hal tersebut yaitu dengan membangun daya cegah dan tangkal masyaraka. Dengan munculnya proteksi dari diri warga masyarakat baik individu maupun kelompok akan lebih mudah untuk menolak masuknya terorisme, radikalisme dan separatisme maupun Anti Ideologi Pancasila,” kata Kompol I Ketut Mudita.

f36f0d2b-46f3-40ac-ac05-75cab87264cdSelesai memberikan sambutan, dilanjutkan dengan pembukaan kegiatan Forum Group Disscusion dilanjutkan dengan kegiatan penyampaian materi terorisme, radikalisme dan Ideologi anti Pancasila oleh Kasat Intelkam AKP Ponidi, yang membahas tentang perkembangan terorisme di Indonesia dan kewaspadaan terhadap disintegrasi bangsa melalui upaya penyebaran ideologi anti Pancasila.

Berikutnya materi pengamanan obyek vital dan lingkungan kerja oleh Kasat Sabhara AKP Supriyanto, yang membahas tentang metode pengamanan obyek vital dan lingkungan kerja baik secara konvensional maupun modern dengan memanfaatkan perkembangan IT sebagaimana program Kapolri.

ea9bf915-4900-4dca-8a4d-6065b93b026eSelanjutnya penyampaian materi Kejahatan Narkoba oleh Kasat Narkoba AKP Siswandi yang menjelaskan bahwa kejahatan narkoba bukan hanya sekedar bisnis dan masalah ekonomi tetapi sudah merupakan perang untuk menghancurkan generasi muda sebagai ruang negara.

Dan materi Penguatan Kamswakarsa oleh Kasat Binmas AKP Kus Sumardi, SH, yang menjabarkan tentang bentuk bentuk Kamswakarsa, metode dan upaya untuk membangkitkan kembali semangat pengamanan lingkungan masing-masing sebagai modal dasar dari pembangunan nasional.

Kegiatan diskusi berjalan cukup meriah dan antusias dari peserta, hal ini ditandai dengan berbagai pertanyaan seputar materi. Yang lebih menarik lagi adanya peserta yang mengusulkan agar kegiatan seperti ini melibatkan pihak sekolah terutama anak sekolah agar memiliki pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan tidak mudah terpengaruh aliran atau paham  terorisme maupun radikalisme yang saat ini sudah penyebaran nya sudah melalui media sosial. (Humas Polres Kediri | res) Didik

“Bersama Menjaga Kamtibmas – KEDIRI MENANG”

#panjalujayati  #RakyatBersamaPOLRI

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password