Begini Tata Cara Membuat SKCK di Polres Pelabuhan Makassar

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel,
Personil Polres Pelabuhan Makassar selalu siap melayani masyarakat, salah satunya masyarakat yang akan membuat SKCK. Kadang kala ada anggapan bahwa mengurus atau mendapatkan SKCK itu sulit walaupun sebenarnya sama sekali tidak. Jika Anda memahami prosedur dan tata caranya, pembuatan SKCK ini bisa selesai dalam waktu singkat.

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh kepolisian RI kepada warga masyarakat untuk kebutuhan tertentu. SKCK berlaku hingga enam bulan sejak tanggal diterbitkan. Jika telah melewati masa berlaku dan bila dirasa perlu, SKCK dapat diperpanjang.

Melalui artikel ini, akan dibahas proses pengurusannya mulai dari cara mendapatkan surat pengantar dari kantor kelurahan hingga bagaimana proses pengurusannya di Polsek/Polres. Tentu saja seiring dengan perkembangan teknologi, juga akan diuraikan cara mengurus SKCK melalui fasilitas online.

Perlu diperhatikan, mempersiapkan surat pengantar dari Kelurahan tidaklah menjadi syarat mutlak. Di beberapa wilayah/daerah di Indonesia, Polsek atau Polres telah meniadakan syarat membawa surat pengantar Kelurahan. Hal ini dilakukan demi kemudahan dan kenyamanan masyarakat yang tidak ingin waktunya habis hanya untuk mengurus SKCK.

Tata cara permohonan penerbitan SKCK dapat dilakukan dengan cara mendaftar secara langsung di loket pelayanan SKCK disetiap kantor polisi dengan membawa dokumen yang dipersyaratkan serta mengisi formulir yang telah disiapkan oleh petugas.

Cara lain ialah mendaftar secara online dengan cara mengunggah dokumen yang dipersyaratkan serta mengisi form yang tersedia sesuai urutan, lalu mengurusnya secara fisik ke kantor kepolisian dengan menyerahkan kode registrasi.

Pembuatan SKCK membutuhkan lima dokumen yang wajib dilengkapi oleh setiap pemohon. Dokumen ini berlaku untuk membuat SKCK secara online maupun dengan datang langsung di kantor kepolisian. Dokumen tersebut ialah:

• Pengambilan rumus sidik jari dari kepolisian setempat (Bisa didapat di kantor Polres)
• Fotokopi PASSPOR (untuk keperluan ke luar negeri)
• Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)/SIM
• Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
• Fotokopi Akte Lahir / Ijasah
• Pas foto berukuran 4 X 6, 6 lembar (LATAR BELAKANG MERAH)

Pada dasarnya, biaya membuat SKCK online maupun offline sama. Sebelum adanya peraturan baru, biaya pembuatan SKCK adalah sebesar Rp 10.000. Namun sejak 6 Januari 2017 lalu, biaya pembuatan SKCK naik menjadi Rp. 30.000.

Biaya tersebut berlaku sama diseluruh Polres/Polsek di wilayah Indonesia. Jadi kamu tak perlu bingung bertanya biaya yang harus kamu keluarkan untuk membuat SKCK online maupun offline.

Demikian cara dan syarat pembuatan SKCK. Polres Pelabuhan Makassar Siap Melayani Anda.

Penulis : Adil

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password