Yang Harus Diwaspadai Menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru 2018

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Kepolisian Resort Trenggalek telah menyatakan kesiapannya dalam menggelar Operasi Kepolisian Lilin Semeru 2017. Kesiapan tersebut ditandai dengan apel gelar pasukan di halaman Mapolres yang diikuti oleh ratusan peserta lintas instansi, antara lain personel Polres Trenggalek, Kodim 0806, Basarnas, Satpol PP, Dishub, Senkom dan Pramuka, Kamis (21/12).

Apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo, S.I.K., M.H tersebut hadir pula jajaran Forkopimda Kabupaten Trenggalek, kepala OPD se-Kabupaten Trenggalek, kapolsek jajaran dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutan Kapolri yang dibacakan oleh AKBP Didit menyatakan bahwa Operasi Lilin Semeru 2017 yang digelar mulai tanggal 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018 merupakan operasi kepolisian dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2018. Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai sarana pengecekan akhir terhadap kesiapan personel pengamanan berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan.

Selain itu, dijabarkan pula beberapa kerawanan yang terjadi selama digelarnya operasi seperti potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, stabilitas sembako serta konflik terkait aksi sweeping oleh ormas.

Kapolri juga menekankan agar seluruh personel yang terlibat operasi untuk memetakan potensi kerawanan masing-masing wilayah serta meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan mencegah aksi sweeping.

“Lakukan pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah terjadinya aksi sweeping” ucap AKBP Didit dihadapan peserta apel dan tamu undangan.

Dilain pihak, untuk mewujudkan stabilitas harga pangan, Kapolri memerintahkan agar memaksimalkan peran Satgas Pangan dengan menggandeng instansi terkait serta memperkuat sinergitas polisional  dengan seluruh stakeholders untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Ditemui usai apel gelar pasukan, AKBP Didit menuturkan, guna menyukseskan Operasi Lilin Semeru 2017, Polres Trenggalek telah menyiapkan 175 personel gabungan dan mendirikan 4 pos pengamanan di berbagai lokasi strategis.

“Ada 4 Pos Pam yakni di alun-alun Trenggalek, Durenan, Watulimo dan Panggul. Khusus lokasi wisata nanti akan didirikan juga pos pantau. Tujuannya agar masyarakat merasa aman dan nyaman” ungkap AKBP Didit.

“Untuk kegiatan Natal sudah kita siapkan tim sterilisasi dan personel yang bertugas mengamankan gereja-gereja” imbuhnya.

Usai Apel gelar pasukan, kegiatan dilanjutkan dengan Latihan Pra Operasi atau Latpraops untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak masing-masing satgas. Latpraops didahului dengan pemaparan rencana operasi oleh Kabagops dilanjutkan dengan diskusi guna menyempurnakan pola tindak dan pola kerja selama operasi berlangsung.

Uniknya, pemaparan pola pengamanan menggunakan TFG atau Tactical Floor Game, yaitu sebuah penjabaran melalui sebuah peta besar lengkap dengan atribut dan asesorisnya. Dari situ bisa dilihat bagaimana pergerakan pasukan baik dalam keadaan aman maupun kontijensi.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password