Gelar Latpraops Lilin Semeru 2017, Polres Banyuwangi Mantapkan Kinerja Anggota

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi – Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman., S.I.K., M.Si yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Donny Setyawan Handhaka., S.I.K. yang didampingi oleh Kabagops Kompol Samsudin., S.H. memimpin pelaksanaan Latpraops Lilin Semeru  2017 di Aula Dhirabrata Polres Banyuwangi, Kamis (21/12) sekira pukul 08.30 WIB.

“Kita Tingkatkan Kemampuan Profesionalisme Polri Dalam Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018 Guna Memelihara Keamanan Dalam Negeri” adalah tema yang diambil dalam Latpraops Lilin tahun ini. Operasi Lilin Semeru adalah operasi terpusat serentak dilaksanakan seluruh jajaran kepolisian.

Pejabat utama Polres Banyuwangi para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran dan personil yang terlibat Ops Lilin turut hadir dalam kegiatan tersebut. Acara dimulai dengan pembukaan, laporan, pembacaan doa, kata sambutan dari Wakapolres Banyuwangi dan paparan dari masing-masing Satuan Tugas (Satgas).

Dalam sambutannya Kompol Donny Setyawan Handhaka, Wakapolres Banyuwangi   menegaskan kepada seluruh anggota yang terlibat dalam pos pengamanan dan pos pelayanan agar melaksanakan tugas secara maksimal dalam semangat Patuh (Proaktif, Amanah, Tegas, Unggul dan Humanis).

001. latpraops.1

“Operasi Lilin Semeru 2017 digelar dalam rangka untuk menjaga perayaan Natal dan Tahun Baru 2018. Operasi tersebut akan dimulai, 23 Desember 2017 hingga 2 Januari 2018,” ungkap perwira dengan satu melati di pundak tersebut, Kompol Setyawan Handhaka.

Pejabat nomor dua di jajaran Polres Banyuwangi tersebut menyampaikan bahwa sasaran operasi lilin semeru 2017 difokuskan pada antisipasi anti teror, stabilitas harga pangan, antisipasi arus mudik dan arus balik dalam ragka libur panjang, antispasi swiping organisasi masyarakat, antisipasi banjir dan longsor.

Wakapolres melanjutkan bahwa anggota yang nantinya melaksanakan pengamanan gereja, diharapkan bisa mensiasati arus lalu lintas jangan sampai terjadi penumpukan kendaraan yang bisa menyebabkan kemacetan. Lakukan koordinasi dengan pihak gereja tentang penempatan parkir kendaraan para jemmat gereja. Dan juga hendaknya dipersiapkan bagaimana strategi evakuasi, sterilisasi, pengecekan jema’at gereja, demi kelancaran masyarakat yang sedang melaksanakan perayaan natal.

“Latpraops ini bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada seluruh personil Polri yang terlibat dalam Operasi Lilin Semeru 2017 yang meliputi tindakan-tindakan apa yang akan dilakukan, untuk itu anggota diharapkan mengikuti kegiatan ini sampai selesai,” tutup Kompol Setyawan Handhaka.

Kabagops Polres Banyuwangi Kompol Samsudin., S.H. memberikan arahan tentang dinamika operasi mulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan sampai dengan tahap pelaporan. Dalam tahap pelaksanaan, Kabagops menjelaskan sasaran operasi dan hambatan-hambatan yang mungkin dihadapi oleh personil yang melaksanakan operasi dilapangan nantinya.

“Personel gabungan akan kita siagakan untuk mengamankan perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Kabupaten Banyuwangi. Keseluruhan personil nantinya akan kita bagi, untuk melakukan pengamanan pada beberapa obyek, termasuk tempat ibadah, pusat keramaian dan obyek perayaan malam pergantian tahun, “ tambah Kabagops Polres Banyuwangi.

Kasatlantas Pores Banyuwangi AKP Ris Andrian Yudo Nugroho., S.H., S.I.K., yang menyampaikan bahwa untuk tehnik pengaturan lalu lintas dan memaparkan Polres Banyuwangi menggelar 12 (duabelas) pos pengamanan, 5 (lima) pos wisata atau pos pelayanan akan didirikan dalam pelaksanaan Ops lilin nanti yang tersebar di wilayah Kabupaten Banyuwangi yaitu Pos pengamanan terbagi pos Pam Wongsorejo, pos Pam Watudodol, pos Pam Ketapang, pos Pam Stasiun Banyuwnagi baru, pos Pam Farly, pos Pam Kota/Depan Masjid Baturrahman Banyuwangi, pos Pam Rogojampi, pos Pam Srono, pos Pam Gambiran, pos Pam Genteng, pos Pam Kalibaru, dan pos Pam Ketapang. Sedangkan lima pos Pam Wisata antara lain  di Pemandian dan kolam renang Taman Suruh, di Wana Wisata Gunung Ijen, di lokasi Wisata Pantai Bedul, di lokasi Wisata Pantai Blimbingsari dan di  Pulau Merah.

Penulis : Setyo Bakti.2112 / Humas Res BWI

Editor : Alfian Nurnas

Publish : S. Bakti

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password