Bersama Setda dan Instansi Terkait, Kapolres Sanggau Adakan Sidak Ke Toko dan Swalayan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – Inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan oleh Kapolres Sanggau AKBP Rachmad Kurniawan, S.H., S. IK., M.M., bersama Instansi Terkait di berbagai toko dan Swalayan dalam kota Sanggau untuk mengecek pasokan serta memastikan barang-barang yang dijual aman dan sehat untuk masyarakat, Rabu (16/12).

Dalam Sidak tersebut, ternyata Tim menemukan makanan Instan dan minuman Sachet yang sudah kadaluarsa atau tidak layak konsumsi di beberapa toko.

“Kami bersama pak Sekda Kab. Sanggau dan pak Pasi Intel Kodim 1204/sgu dan unsur terkait memang sengaja untuk sidak ke toko dan swalayan untuk mengecek agar barang-barang yang dijual tidak kedaluarsa,,”ujar AKBP Rachmad Kurniawan.

Lebih lanjut, Sekda Kab. Sanggau A.L Leysandri juga mengatakan agar pemilik toko dan swalayan juga rajin mengecek barang-barang yang masa berlakunya sudah exspired. Sebab, apabila sampai masyarakat membeli barang yang sudah exspired, itu bisa membahayakan kesehatan konsumen.

Terkait dengan hal tersebut, dalam Pasal 8 ayat (1) huruf g Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UU Perlindungan Konsumen), pelaku usaha atau toko modern yang menjual makanan dan minuman kedaluarsa atau tidak mencantumkan tanggal kedaluarsa, dapat hukuman lima tahun penjara atau membayar denda senilai Rp. 2 miliar.

Tentu saja ini harus menjadi perhatian penting bagi semua pelaku usaha di Kabupaten Sanggau. Terlebih, saat ini adalah menjelang perayaan Natal banyak toko-toko yang menyediakan parsel. Apabila konsumen tidak teliti dan memeriksa tanggal kedaluarsa, bisa berakibat fatal.

Penulis : Denny Ard
Editor : Alfian Nurnas / Nanang. P
Publish :Chia

Admin Polri55950 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password