Strategi Pengamanan Jelang Pilkada 2018

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek, Proses Pilkada serentak 2018 telah dimulai. Berbagai persiapan menyambut pesta demokrasi pun telah dilakukan seiring dengan gaung dan meningkatnya suhu perpolitikan di Indonesia. KPU Trenggalek selaku penyelenggara Pemilu di tingkat Kabupaten telah menyiapkan diri, salah satunya adalah dengan menggelar sosialisasi keamanan dan pengawasan Pilkada tahun 2018 di Hall Gajahmada Hotel Hayamwuruk Trenggalek, Rabu (20/12).

Dalam acara yang dihadiri oleh para Ketua dan anggota PPK se-Kabupaten Trenggalek tersebut, Wakapolres Trenggalek Kompol Agung Setyono, S.S. dan Kasatreskrim AKP Sumi Andana, S.H., M.H. didapuk sebagai narasumber disamping Ketua KPU Dr. Suripto., M.Pd.I dan Kasidatun Kejari Trenggalek Slamet Hariyadi.,S.H.

Kasatreskrim atau yang lebih dikenal dengan panggilan AKP Andana itu menjabarkan tentang proses pidana Pemilu melalui mekanisme Gakkumdu yang beranggotakan Polri, Kejaksaan dan Panwaslu. Dijelaskan pula penerapan pasal-pasal dalam undang-undang pemilu berikut regulasi hukum lainnya.

“Polisi dalam menjalankan tugas mengacu kepada Undang-undang Kepolisian dan beberapa undang-undang lain mengatur pemilu. Dalam situasi kontijensi dan membutuhkan tindakan segera, sesuai UU Polri dapat menggunakan langkah diskresi kepolisian” ujar AKP Andana.

Sedangkan Kompol Agung memaparkan tentang strategi pengamanan Pilkada sejak dari proses awal hingga tahapan pelantikan. Seluruh perkuatan polisi dibantu TNI dan instansi samping akan diturunkan demi suksesnya Pilkada di Trenggalek.

“Setiap tahapan sudah ada SOP-nya, tinggal menjalankan sesuai mekanisme yang ada” jelasnya.

Berdasarkan pemetaan kerawanan oleh Polres Trenggalek, hingga saat ini semua TPS masih kategori aman. Adapun kerawanan hanya bersifat geografis mengingat wilayah Kabupaten Trenggalek banyak didominasi oleh daerah perbukitan atau pegunungan.

Masih kata Kompol Agung, pihak kepolisian telah melaksanakan upaya cipta kondisi melalui beberapa operasi kewilayahan diantaranya operasi zebra, operasi sikat dan sebentar lagi akan digelar operasi Lilin Semeru 2017 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan tahun baru 2018.

“Kesemuanya merupakan langkah Kepolisian yang pada dasarnya menjaga stabilitas Kamtibmas kondusif termasuk menjelang Pilkada 2018 nanti” pungkasnya.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password