BINMAS POLRI DUKUNG PELATIHAN PENCEGAHAN KEJAHATAN BERSERTIFIKAT INTERNASIONAL

Tribratanews.polri.go.id – Polda Metro Jaya, Direktur Pembinaan Potensi Masyarakat Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol. Drs. Istiono, M.H. membuka pelatihan Certified Crime Prevention Specialist (CCPS) pada Senin, 18 Desember 2017 di Hotel Ashley, Jakarta Pusat. Pelatihan dilaksanakan Senin hingga Rabu, 18-20 Desember 2017.

CCPS merupakan suatu pelatihan sertifikasi kemanan international mengenai pencegahan terhadap kejahatan untuk badan usaha jasa pengamanan dan pelaku pengamanan yang dikeluarkan oleh lembaga akreditasi dan sertifikasi internasional security Chartered International institute of Security and Crisist Management (CIISCM) yang bekerjasama dengan PT. First Security Services Indonesia.

Dalam sambutannya Brigjen Pol. Drs.Istiono, MH. menyatakan dalam dunia industrial security banyak hal yang menjadi perhatian manajemen dalam menanggulangi kejahatan yang terstruktur dan sistematis. Management harus memiliki tenaga profesional dalam menanggulangi dan mengantisipasi segala potensi yang dapat terjadi. Dengan pelatihan CCPS ini diharapkan dapat menambah pemahaman peserta terhadap pencegahan kejahatan di lingkungan kerja, sehingga dapat mendukung tugas dan fungsi kepolisian dalam memelihara keamanan.

“Dengan banyak yang paham akan crime prevention, maka kerja Polri akan sangat terbantu karena mereka memahami bagaimana cara melakukan pencegahan kejahatan, ujar Brigjen Pol. Drs. Istiono, M.H.

Sementara itu salah seorang peserta pelatihan Kompol Endy Mahandika S.H yang saat ini menjabat Kepala Seksi Pengawasan Jasa Pengamanan Direktorat Bimmas Polda Metro Jaya menjelaskan dengan adanya pelatihan seperti ini memudahkan Polri dalam memberikan pemahaman tentang pengamanan terbatas terhadap Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) ataupun pengguna jasa pengamanan.

“Membantu bagi para pelaku usaha security dalam memahami upaya pengamanan di lingkungan masing-masing sehingga Polri terbantu dalam hal memberikan pemahaman usaha pengamanan terbatas bagi para pemilik maupun pengguna jasa pengamanan di Indonesia. Jelas Kompol Endy Mahandika S.H.

Sedangkan menurut Direktur Utama PT. First Security Services Indonesia Drs Darly Siregar ICPS, CATS, CCPS sebagai panitia penyelenggara mengatakan selain membantu tugas kepolisian, pelatihan yang rutin diselenggarakan ini, secara profesional mampu merubah pandangan terhadap tugas security yang selama ini dianggap menjadi beban biaya perusahaan, namun sebaliknya justru ia mengharapkan security mampu meningkatkan penghasilan manajemen perusahaan.

“Pelatihan ini bertujuan agar security dapat dirubah imagenya di dalam perusahaan, bahwasannya security bukanlah menjadi beban biaya perusahaan namun mampu mengambil bagian dalam peningkatan penghasilan perusahaan, security is not a cost center but part of company profit center”. kata Drs Darly Siregar.

Pelatihan CCPS yang diikuti 44 orang peserta dari berbagai perusahaan swasta pengguna jasa keamanan dan perusahaan penyedia jasa keamanan ini harus menempuh ujian untuk dinyatakan lulus dalam pelatihan ini. Seluruh peserta akan diuji oleh para instruktur asing yang berasal dari Malaysia, Singapura dan Australia. Peserta yang dinyatakan lulus dalam pelaksanaan ujian maka secara otomatis berhak menyandang gelar CCPS dibelakang namanya yang diakui oleh International.

Penulis : Heru

Editor   : Alfian

Publish : Cindy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password